Listed Articles

2011 Dipenuhi 'Masalah', HP Mengaku Pesimis

2011 Dipenuhi 'Masalah', HP Mengaku Pesimis

Meg Whitman yang mengambil alih posisi CEO Hewlett-Packard Co (HP) dari Apotheker dua bulan lalu, meminta investor mengurangi harapan terhadap pendapatan perusahaan. Pasalnya, berbagai masalah yang menerpa HP menyebabkan profit kuartal pertama di bawah perkiraan analis.

Tidak hanya itu, pertumbuhan pendapatan yang melambat juga disebabkan krisis di Eropa dan Amerika Serikat, meskipun pasar Asia masih menjanjikan. “Kami relatif pesimis terhadap proyeksi ekonomi di dua hingga kawasan utama perusahaan,” kata Whitman. “2012 tampaknya menjadi tahun yang berat buat saya.”

Laba untuk kuartal yang berakhir di Januari 2012 diperkirakan hanya 83 sen hingga 86 sen per saham. Padahal, berdasarkan data Bloomberg, laba diperkirakan sekitar US$ 1,11 pe saham. Di kuartal keempat yang berakhir di 31 Oktober, HP mengalami penurunan penjualan dalam divisi printing, PC dan server. Apotheker yang dipecat pada 22 September lalu telah memangkas perkiraan pendapatan sebanyak tiga kali dalam waktu kurang dari setahun. Apotheker juga sempat membuat marah investor dengan berencana spin off unit PC.

“Prospek keuntungan di kuartal ini dan tahun fiskal 2012 menunjukkan bahwa Whitman memiliki sikap yang lebih realistis atas tantangan yang dirasakan perusahaan,” kata Chris Whitmore, analis Deutsche Bank AG.

Whitman juga mengatakan kepada analis Wall Street bahwa ia berencana untuk menghindari akuisisi besar tahun depan. Perusahaan ingin membangun kembali balance sheet dan mengurangi ‘drama’ yang hadir di internal setelah penggulingan Apotheker. “HP akan kembali ke fundamental bisnis di 2012. Tidak akan ada kejutan lagi,” tegas Whitman. Perusahaan saat ini memiliki utang bersih sebesar US$ 22,6 miliar, jauh lebih tingi dari awal tahun ini sebesar US$ 11,4 miliar. “Kami punya hutang yang signifikan.”

Perusahaan kehilangan pundi-pundi uang akibat kegagalan penjualan TouchPad. HP juga harus membuat keputusan tentang masa depan piranti lunak WebOS pada awal Desember. Whitman diperkirakan akan muncul di kuartal pertama 2011 untuk menjelaskan secara terperinci strategi perusahaan.

Sebelumnya, mantan CEO EBay Inc ini memutuskan untuk mempertahankan bisnis PC dan berbagi tanggung jawab manajemen dengan Executive Chairman Ray Lane. Di saat yang sama, Whitman juga berencana untuk mengintegrasikan posisi Autonomy Corp, produsen software asal; Inggris yang dibeli Apotheker pada 18 Agustus dengan nilai US$ 10,3 miliar.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved