Listed Articles

Kiat Sukses Pebisnis Manfaatkan Dunia Mobile

Kiat Sukses Pebisnis Manfaatkan Dunia Mobile

Banyak pengusaha melakukan mobilisasi operasional perusahaan melalui versi mobile, situs web maupun aplikasi khusus. Penggerak pertama memang dunia perbankan dan media tradisional. Pertanyaan utama, bagaimana agar kita mampu memanfaatkan teknologi mobile secara efektif?

Di seluruh dunia, perbankan mobile pertama bermunculan sejak 10 tahun lalu, dan inovasi tersebut telah berlanjut hingga kini, termasuk di Indonesia. Di antara bank komersial yang ada di Indonesia, hampir setengah telah terlibat dalam beberapa inisiatif perbankan mobile (mobile banking).Kegiatan perbankan mobile ini kini sedang diperluas untuk melayani lebih banyak pelanggan dan memenangkan bisnis baru. Industri perbankan dan media di Indonesia juga telah diikuti oleh maskapai penerbangan. Air Asia Indonesia telah lama mengandalkan teknologi digital sebagai dasar layanan pelanggan mereka. Didukung penuh oleh (web dan) aplikasi mobile, maskapai penerbangan ini memungkinkan pengguna untuk membeli tiket, check in, menerima boarding pass dan mengelola pemesanan semua melalui ponsel.

Jadi bagaimana seharusnya sebuah bisnis mengembangkan strategi mobile mereka? Pertama adalah memahami teknologi mobile. Manfaat menggunakan teknologi mobile berpusat pada peningkatan komunikasi. Sama seperti panggilan suara dan SMS telah terbukti untuk menghubungkan karyawan Anda dengan Anda, pelanggan Anda dan satu sama lain, teknologi mobile dapat menghasilkan saluran komunikasi langsung dengan pelanggan yang kuat.

Aplikasi canggih yang mendorong keberhasilan awal teknologi mobile adalah pesan teks yang sederhana. Sementara SMS masih merupakan cara yang cepat untuk menghubungkan dan menyampaikan pesan sederhana, banyak teknologi komunikasi lainnya sejak saat itu menjadi tersedia. Pada akhirnya, hubungan pelanggan dapat dikelola lebih efisien dengan aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk mengintegrasikan dan menyinkronisasi buku alamat, kalender, dan email. Aplikasi lain yang kompatibel dengan perangkat mobile memungkinkan pengguna untuk memperbarui tugas-tugas mereka, melihat rincian rekening nasabah, menindaklanjuti potensi bisnis baru dan meninjau berbagai jenis informasi produk.

Selain itu, untuk lebih meningkatkan komunikasi dan penggunaan teknologi mobile, perusahaan perlu memahami perilaku pelanggan dalam menggunakan teknologi mobile dan kecenderungan-kecenderungannya. Sebuah pemahaman yang jelas atas perilaku pelanggan menyediakan fokus yang membuat interaksi pelanggan Anda (melalui SMS, mobile web atau aplikasi) relevan, berguna dan menyenangkan.

Selain itu, melengkapi kehadiran di situs, perusahaan perlu menciptakan kanal jaringan sosial yang memungkinkan para pembeli untuk mengirimkan ulasan dan memberi masukan yang dapat membantu orang lain dalam memutuskan pembelian. Layanan pelanggan semacam ini dapat menambah pengalaman membeli konsumen, dan dapat membantu perusahaan dalam mengubah potensi menjadi penjualan.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved