Kiprah Syandra Kwan di Dunia PR

Nama Syandra Kwan tak bisa lepas dari SKPR Asia, agensi public relations yang didirikannya 9 tahun lalu. Lulusan Desain Interior, Universitas Design Institute of San Diego ini melihat kesempatan berkarier sebagai Public Relations ketika ia kembali ke Surabaya. Kariernya sebagai seorang public relations dimulai di Mandarin Oriental Surabaya. “Saya bersyukur perusahaan saya memberikan kesempatan untuk mencoba hal baru. Setelah dari Mandarin Oriental saya pindah ke JW Marriot Surabaya dan Taman Dayu Club.” ujar perempuan kelahiran Surabaya 20 Juli 1973 ini.

Ia mengakui membuka bisnis agensi public relations tidak pernah ada di benaknya. “Awalnya saya hanya bekerja sebagai Public Relations Manager, kemudian 9 tahun yang lalu, ayah saya meninggal. Meninggalnya ayah saya seolah-olah membangunkan saya, dalam hati saya, udah gak ada Papa, mau ngapain ya sekarang? Akhirnya, saya coba untuk buka bisnis sendiri, yaitu SKPR Asia dan ternyata bisa berjalan sampai sekarang sudah 9 tahun. Menurut saya, membuat bisnis itu tidak perlu rencana yang terlalu gila. Just do it,” ujarnya.

Berawal dari Surabaya, kini SKPR Asia melebarkan sayapnya ke Jakarta dan Singapura. Saat ini, Syandra sedang melirik Hong Kong sebagai pasar baru.

Sembilan tahun berdiri, Syandra mengaku dalam 2 tahun bisnis terakhir SKPR Asia mengalami penurunan. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, yang pertama adalah munculnya agensi public relations yang baru. Kedua, munculnya agensi periklanan yang menamai dirinya sendiri sebagai penyedia solusi komunikasi terintegrasi, hal ini membuat perusahaan semakin memiliki banyak pilihan. “Hal ini menjadi tamparan bagi agensi public relations seperti kami karena servis yang kami tawarkan spesifik. Dan karena kami spesialis di public relations, solusi yang kami tawarkan ke klien lebih matang. Perusahaan yang memakai jasa penyedia solusi komunikasi terintegrasi akan menyadari dalam 2 tahun ke depan it’s not gonna work karena fungsinya agensi periklanan dan agensi public relations itu sangat berbeda,” dia menguraikan.

Faktor ketiga, semakin “pintar”-nya calon perusahaan yang menggunakan jasa PR. “Klien tuh sekarang pada pintar-pintar banget. Mereka bisa pitching dengan banyak agensi hanya untuk sekadar ‘belanja’ ide. Tapi ujung-ujungnya mereka akan jalanin ide itu sendiri begitu dapat banyak ide dari yang berpengalaman. Makanya, sekarang kita sebagai PR Agency, harus kirim NDA (non-disclosure agreement) kalau mau kirim data-data atau proposal,” ujar Syandra membeberkan rahasianya.

Syandra mengungkapkan, resep SKPR Asia agar bisa bertahan yakni memberikan solusi yang sedang trend saat ini dan mempresiksi trend yang akan terjadi kedepannya. Salah satu kekuatan SKPR Asia adalah di brand public relations sehingga cocok untuk peluncuran produk dan mengelola imej brand. Beberapa klien SKPR Asia antara lain Spain Tourism Board, Jotun, Nonolive, John Hardy, dan Wendy’s.

Selain akan membuka perwakilan public relations di Hong Kong, SKPR Asia akan lebih banyak mengadakan workshop di daerah Jawa Timur di tahun 2017 ini. “Saya ingin berkontribusi lebih banyak di kampung halaman saya sebagai seorang public relations”.

Menjalin hubungan dengan media

SKPR Asia memiliki cara yang unik dalam menjalin hubungan dengan media, yakni dengan mengadakan ENAK (Epic Nimbrung Asik Kumpul). “Kami ingin hubungan kami dengan media tidak hanya  mengadakan acara atau mengajak makan saja. Buat saya, mengajak makan para media adalah sebuah kewajiban public relations. Tapi kami ingin mengembangkan potensi pribadi yang dimiliki oleh para jurnalis. Memberikan pengetahuan tambahan ke media adalah sebuah keharusan agensi public relations agar kita bisa tumbuh bersama,” ungkap Syandra.

Para media yang mengikuti program ini tidak dipungut biaya apapun. Beberapa program ENAK yang sudah diselenggarakan antara lain pelatihan Palang Merah Indonesia, driving range (golf), leverage game (pelatihan bisnis), speed dating, impromptu speech, jump and fun, kelas makeup, pelatihan membuat presentasi dan bikram yoga. Ke depan, akan lebih banyak lagi program-program ENAK yang akan diselenggarakan oleh SKPR Asia.

 

 

 

 

Editor : Maria Hudaibyah Azzahra

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Sinergi J&T Express dan Tokopedia Mempermudah Layanan Konsumen

Memasuki awal tahun 2017 J&T Express menjalin hubungan kerjasama dengan Tokopedia. Sinergi ini bertujuan mempermudah seller dan buyer di marketplace...

Close