Taswin Zakaria, Sukses Melejitkan Maybank Indonesia | SWA.co.id

Taswin Zakaria, Sukses Melejitkan Maybank Indonesia

Taswin Zakaria boleh berbangga hati. Di bawah kepemimpinannya Maybank Indonesia mencatatkan kinerja ciamik. Maybank mencatatkan laba bersih (PATAMI) mencapai rekor tertinggi sebesar Rp1,95 triliun untuk tahun keuangan yang berakhir 31 Desember 2016, atau naik 71,0% dari Rp1,14 triliun dari tahun sebelumnya.

Jika dilhat dari latar belakang karirnya, lulusan The Ohio State University ini memang telah lama berkecimpung di bidang keuangan. Sebelum menjadi CEO Maybank, ia pernah menjabat Presiden Direktur PT Indonesia Infrastructure Finance (2010-2011), Direktur Barclays Bank Plc untuk Indonesia, Kepala Regional Asia pada Alternate Capital Market/Islamic Finance (2001-2003) dan Vice President Deutsche Bank AG Jakarta.

Tahun 2013 menjadi tahun spesialnya di Maybank setelah bergabung dengan Maybank Indonesia (MBI) sejak 1992. Di tahun itu ia diangkat untuk menggantikan Dato’ Khairussaleh Ramli. “Awal karier saya memang langsung bekerja di bank. Kebetulan latar belakang pendidikan saya adalah accounting,” ungkapnya

Berbagai inovasi telah ia lakukan di bank yang dulunya bernama BII. Salah satunya mentransformasi kantor-kantor cabang agar memiliki otonomi yang lebih luas.  Ia juga yang telah melakukan segmentasi yang lebih baik dengan melakukan  reprofiling dan re-alligning portofolio korporasi, dengan strategi memberikan layanan kepada top tier BUMN dan perusahaan multinasional. “Ini yang cukup membantu kami membukukan kinerj baik di tengah perlambatan ekonomi,”ujarnya.

Kesuksesannya membukukan rekor di tahun 2016, ia ungkapkan tidak terlepas dari pendapatan bunga bersih (NII) yang lebih baik, disertai dengan pengelolaan biaya secara disiplin dan tingkat pencadangan yang lebih baik untuk NPL. “Ke depan, kami akan tetap pada strategi utama fokus mengembangkan dan memperkuat corporate banking treasury, business banking, dan ritel banking. kami pertajam lagi, utamanya di ritel banking. Strategi yang kami terapkan sejauh ini terbukti tepat dan terlihat dari kinerja selama ini,” kata Taswin.

 

Pecinta olah raga ini mengatakan sebagi pemimpin ia merupakan tipe pemimpin yang menampung input datang entah itu dari sejawat maupun bawahan. Ia percaya bahwa kerja keras dan ketekunan adalah kunci keberhasilan. Sejak usia muda, Taswin memang sudah hidup mandiri. Saat duduk di bangku SMA, ia jauh dari orangtuanya. “Orangtua di Medan, saya sekolah SMA di Jakarta. Jadi, saya sudah biasa hidup mandiri. Keinginan untuk maju juga datang dari diri sendiri,” katanya.

BIODATA

Nama : Taswin Zakaria (1968)

Pendidikan: Sarjana Akuntansi dari Ohio StateUniversity, lulus 1991

Karier:

2013-sekarang : Presiden Direktur PT Maybank Indonesia Tbk
2003-2013 : Komisaris Independen PT Bank Internasional Indonesia (BII) Tbk/Maybank Indonesia Tbk
2010-2011 : Presiden Direktur PTIndonesia Infrastructure Finance
2005-2013 : Komisaris Independen PTJasa Angkasa Semesta Tbk
2001-2003 : Direktur Barclays Bank Plcuntuk Indonesia dan Kepala Regional Asia pada Alternate Capital Market/Islamic Finance
1997-2001 : Vice President DeutscheBank AG Jakarta dan Kepala Divisi Debt Capital Market dan Liability RiskManagement
1992-1997 : Kepala Divisi CorporateRestructuring dan Project FinanceCitibank NA Jakarta

 

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
MRT Jakarta Cari 570 Karyawan Baru

PT MRT Jakarta membutuhkan lebih dari 500 orang karyawan baru untuk pengoperasian dan pemeliharaan 16 rangkaian kereta. Saat ini, jumlah...

Close