Profile

Trik Diny Elvirany Garap Bisnis Nutrisi Kalbe

Trik Diny Elvirany Garap Bisnis Nutrisi Kalbe

Keyakinan mencapai sesuatu harus dimiliki seseorang dalam mencapai target yang ditentukan.”Intinya kita harus yakin bahwa kita bisa achieve apa yang kita mau. Nantinya akan kembali pada drive yang dipengaruhi oleh passion, kalau orang sudah punya passion dia pasti punya dream. Nantinya semua akan terjadi lebih baik karena didukung adanya planning. Konsisten dan persistence, keduanya harus balance,” terang Diny Elvirani, Head of Business Unit of Nutrition for Special Needs PT Kalbe Farma.

Diny

Hal tersebut menjadi salah satu dasar yang ia gunakan dalam memimpin unit bisnis ini. Bagi wanita lulusan Teknik Industri Universitas Atmajaya, Jakarta ini perencanaan yang detail amat dibutuhkan,

“Di sini tanggung jawabnya itu end to end, jadi tidak selalu berurusan dengan marketing. Kami harus benar-benar mengawasi dari hulu hingga hilir. Bagaimana prepare hingga produksi, itu juga semua diperhatikan karena marketing kan luas, seperti planning distributor, produksi dll,” ungkapnya.

Baginya, koordinasi yang baik tentunya akan mampu menghadapi tantangan dan hambatan yang muncul diperusahaan. Selama ada koordinasi yang baik tentunya setiap hambatan akan bisa dilalui. Sekarang itu persaingan pasar cukup ketat. Salah satunya produk Benecoal, karena persaingan di herbal cukup banyak saat ini, seperti Entraforocal. Selain itu,produk suplemen makin banyak, sehingga kunci bertahan dengan konsisten dan edukasi yang baik.

Bagi ibu dengan 3 anak ini, mengaku, sempat terbentur aturan BPOM karena BPOM tidak boleh klaim seperti dalam waktu 2 minggu turun 10% reduction, menggunakan kata cepat, mudah, dan sebagainya.

Kunci kesuksesan suatu produk di pasaran adalah inovasi “Kami tidak mau jual barang ecek-ecek artiya semua kandungan diperhatikan semuanya. Saat ini kan sedang booming organik. Kami mulai menyerap itu seperti Milna Organic karena serealnya terbuat dari bahan organik,”jelasnya.

Namun lagi-lagi hal tersebut juga terbentur aturan pangan.”Kita sudah bisa bilang organik kalau kandungan 90%. Padahal kandungan kita di semua nutrisi kan ada beberapa ingredient. Untuk memastikan semuanya memiliki sertifikat organik tentunya tidak mudah,” ujarnya lagi.

Wanita yang melanjutkan gelar master di Melbourne ini pun mengakui kesulitan menghadapi soal regulasi.”Sekarang peraturan untuk mengeluarkan produk organik lebih lama. Bagi home industry justru lebih mudah sementara kai sebagai PT lebih sulit karena ingredient diawasi. Padahal natural juice kami itu sudah masuk ke Benecoal yang menggunakan sari buah asli,” jelasnya seraya berpromosi.

Semua tantangan tersebut bukanlah penghalang, karena hampir semua produk Kalbe diterima di masyarakat luas. Hingga saat ini kebanyakan produk gagal itu memang terjadi karena beberapa faktor. Misalnya supply ingredients bermasalah. Namun, tidak selalu penerimanya kurang baik karena sesudah produk diluncurkan gagal karena penerimaan kurang baik itu jarang sekali terjadi. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved