Disruption, Buku Baru Rhenald Kasali

Apabila Anda sering membaca tulisan Prof. Rhenald Kasali, pastilah tidak asing dengan istilah "Disruptive Innovation" atau dikenal pula dengan istilah "Disruption". Untuk mengelaborasi lebih jauh mengenai apa itu disruptif, baru-baru ini n Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, yang juga founder dari Rumah Perubahan itu, meluncurkan buku terbarunya yang berjudul Disruption.

Buku setebal 497 halaman itu banyak bercerita karekater perubahan abad 21 yang ia nilai cepat, mengejutkan dan memindahkan. Di buku itu, banyak sekali ditulis contoh-contoh kasus, bagaimana perusahaan-perusahaan di berbagai belahan dunia menghadapi era disrupsi. Dalam pengantarnya misalnya, ia menceritakan bagaimana cara PT Telekomunikasi Indonesia Tbk berupaya keras mendisrupsi dirinya sendiri.

Telkom, ia ceritakan, berusaha keluar dari perangkap model bisnis lama yaitu fixed line voice dengan berbagai langkah, semisal bekerjasama dengan PT Angkasa Pura II membangun smart airport, mengembangkan sendiri UseeTV yang mendisrupsi bisnis TV kabel dan mendirikan perusahaan yang kelak dikinel sebagai third party administrator dalam layanan kesehatan.

Tak hanya itu, di buku tersebut juga banyak memberikan gambaran sebuah peradaban baru, yang ia sebut sebagai peradaban uber. Peradaban itu telah merubah manusia yang tadinya times series menjadi realtime dan eksponensial. Mengubah mindset dari owning economy menjadi sharing economy. Begitu juga, mengubah kebiasaan on the line economy menjadi on demand economy dan sebagainya.

Dalam buku tersebut ia ingin menyampaikan lebih baik berdamai dan menciptakan cara-cara baru untuk menyambut era baru yang lebih inklusif pada hari esok. Banyak sekali contoh-contoh kasus serangan perusahaan pendatang baru terhadap incumbent yang bisa dijadikan inspirasi, atau bahan pembelajaran.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)