Apa yang Baru di Pameran Drinktec 2017?

Drinktec, pameran internasional untuk industri minuman dan makanan cair akan kembali diselenggarakan tahun ini. Pameran yang berlangsung empat tahun sekali ini akan diadakan di Munich pada 11-15 September 2017.

Pengumuman Drinktec 2017 (Foto: Yosa/SWA)

Diorganisir oleh Messe Munchen International, Dricktec akan meliputi 14 halls di Messe Munchen Exhibition Center dengan total luas 150.000 meter persegi. Sepanjang lima hari ini, pameran akan dipenuhi oleh presentasi secara mendalam dari 1.600 peserta pameran dari lebih 70 negara, dan diprediksi akan menyedot lebih dari 70.000 pengunjung dari seluruh dunia. Tahun ini Drinktec akan mengusung topik utama yaitu product safety and higienic processing, dan Energy and resources efficiency.

Beberapa kegiatan di antaranya pemaparan proses teknologi, kontainer/bahan kemasan, teknologi pengisian dan kemasan, bahan mentah, proses otomasi, sistem energi, teknologi PET, restoran dan katering, promosi penjualan dan pemasaran, serta berbagai aspek lainnya terkait minuman dan makanan cair.

Direktur Bisnis Messe München Internasional, Georg Moller, mengatakan, pameran ini menjadi peluang bagus bagi produsen minuman untuk meningkatkan kualitas dan daya saing produk mereka. Industri minuman, lanjutnya, merupakan pasar yang sangat dinamis.

"Drinktec  tahun ini akan menjadi penyelenggaran terbesar sejak 60 tahun lalu  dimana sekitar 1.600 pengunjung dari 70 negara akan menghadirinya,” ujar Georg.

Daya tarik baru pada penyelenggaraan kali ini adalah hadirnya SIMEI (Salone Internazionale Macchine per Enologia e Imbottigliamento). Satu-satunya pameran internasional dua tahunan terkemuka khusus peralatan pengolahan dan kemasan minuman. Kerja sama antara Dricktec dengan SIMEI ini menambah nilai yang ditawarkan kepada peserta terutama pada teknologi di sektor minuman wine. Para pelaku industri wine bisa mendapatkan pengetahuan baru untuk memajukan bisnisnya.

Georg juga berharap pengunjung internasional dapat terus meningkat. Pasalnya, selama 10 tahun terakhir telah terjadi perkembangan yang sangat signifikan dalam statistik pengunjung. Dalam kurun waktu 2001-2005 pengunjung dari luar Jerman naik 37 %. “Pada tahun 2005 untuk pertama kalinya kami memiliki lebih banyak pengunjung dari luar Jerman,” tambahnya. Sementara pada tahun 2013, terjadi peningkatan jumlah pengunjung sekitar 14%.

Sejalan yang dikatakan Georg, Kepala Divisi Pameran Dagang Perkumpulan Ekonomi Indonesia-Jerman (EKONID), Prieta Perthantri, mengatakan terjadi peningkatan pengunjung dari Indonesia di pameran Drinktec. “Pada 2005 visitors dari Indonesia ada sekitar 85 orang, kemudian meningkat di 2009 menjadi 135, dan terakhir di 2013 meningkat lagi sebanyak 299 orang. Untuk exhibitor dari Indonesia sendiri memang belum ada dan kami sangat mengharapkan. Karena ini termasuk sektor penting, sebagai platform nomor satu untuk meluncurkan produk baru di pasar dunia,” jelas Prieta.

Selain itu, Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (Gapmmi) turut mendukung penyelenggaran pameran besar ini. Wakil Ketua Umum Bidang Promosi dan Kerjasama Gapmmi, Lena Prawira, mengatakan ajang ini dapat dimanfaatkan untuk saling mendapatkan mitra bisnis, memperluas  wawasan, serta mengetahui perkembangan terkini di industri makanan dan minuman.

“Ini untuk pertama kalinya Gapmmi mendukung Drinktec. Untuk langkah selanjutnya kami akan segera menginformasikan event ini kepada anggota kami,” ungkap Lena.

 

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)