Grab Perkenalkan Layanan Carpool Terbaru GrabShare

Grab, salah satu platform aplikasi pemesanan kendaraan  di Asia Tenggara, memperkenalkan sebuah layanan komersial baru, yaitu GrabShare. Ini adalah layanan carpool komersial pertama dari Grab yang tengah diuji coba di Jakarta. Melalui layanan ini penumpang dapat menikmati tarif yang lebih terjangkau dan mitra pengemudi akan memperoleh pendapatan yang lebih besar karena memaksimalkan penggunaan mobil dalam satu perjalanan. GrabShare memasangkan dua pemesanan penumpang yang memiliki rute perjalanan searah dengan maksimal empat penumpang dalam satu perjalanan. Penumpang hanya akan menempuh paling banyak dua titik pemberhentian.

Menurut  Ridzki Kramadibrata, Managing Director Grab Indonesia, peluncuran layanan ini bertujuan pada dua hal utama, yaitu meningkatkan kenyamanan pelanggan dan mitra pengemudi, dan mengurangi kemacetan di ibukota. Grab mencoba mengacu pada data dari BPS (Biro Pusat Statistik) DKI Jakarta mengenai tingkat kemacetan yang menyebutkan bahwa mobil berada di posisi kedua sebagai penyebab dominan kemacetan.

“Grab melihat adanya peluang untuk meningkatkan kualitas perjalanan harian dan mengurangi kemacetan dengan menekan jumlah komuter yang melakukan perjalanan seorang diri, di mana banyak mobil yang seringkali hanya membawa satu orang penumpang melintasi jalan ibukota. Setelah sukses diperkenalkan di Singapura, Malaysia, dan Filipina sejak Desember 2016, GrabShare secara efektif telah menarik lebih banyak penumpang baru. Dengan GrabShare kami berharap dapat mengoptimalkan penggunaan mobil guna mengatasi kemacetan di Indonesia terutama Jakarta,” ungkap Ridzki.

Layanan GrabShare menggandeng mitra pengemudi GrabCar untuk melayani permintaan pasar Indonesia terhadap transportasi point-to-point yang kian meningkat. Pengguna juga bisa menghemat tarif sampai 50% dibanding tarif GrabCar ekonomi. Lalu bagaimana cara kerja GrabShare?

GrabShare dibatasi hanya menerima 2 pemesanan setiap perjalanan. Tujuan sudah ditentukan dan tambahan tujuan tidak diperbolehkan. Pengemudi hanya akan menunggu selama 3 menit supaya tidak mengganggu penumpang yang berbagi. Sebagai contoh, penumpang A memilih layanan GrabShare dan dijemput oleh pengemudi GrabShare. Kemudian ada penumpang B memilih layanan GrabShare, lalu penumpang A dan B dicocokkan, aplikasi Grab akan mengirimkan notifikasi ketika pengemudi dan penumpang A dan B sukses dipasangkan. Lalu pengemudi memutar arah sedikit untuk menjemput penumpang B yang searah tadi. Baik penumpang A dan B dapat mengajak satu orang teman untuk bergabung dalam perjalanan (sehingga empat kursi dalam 1 mobil dapat terisi penuh). Perintah pejemputan dan pengantaran menjamin penumpang A dan B mencapai destinasinya dengan cepat.

Ridzki menjelaskan bahwa GrabShare dirancang dengan teknologi tinggi. Menggunakan algoritma yang dirancang di tiga pusat R&D Grab di Singapura, Seattle, dan Beijing. Algoritma berperan dalam menghitung dan mencocokkan dengan mempertimbangkan ketersediaan suplai mitra pengemudi yang berada dalam jarak terdekat, waktu perjalanan, rute perjalanan yang saling berkaitan, jarak perjalanan memutar, dan kondisi lalu lintas terkini sebelum mengurutkan lokasi penjemputan dan pengantaran.

“Para komuter di Jakarta menunjukkan keterbukaan terhadap carpooling ini karena menawarkan tarif yang lebih bersahabat dan memungkinkan mereka bersosialisasi dengan teman baru. Sementara, bagi pengemudi dapat memperoleh pendapatan lebih besar dari perjalanan yang lebih pendek seraya mengurangi konsumsi bahan bakar,” tambah Ridzki.

Untuk memasarkan layanan ini, Grab akan menjalankan kampanye bertajuk #GrabShare dengan menggandeng sejumlah selebriti ternama, serta berbagi diskon perjalanan. Mediko Azwar, Direktur Pemasaran Grab Indonesia, menjelaskan bahwa penumpang diajak untuk saling berbagi cerita dalam perjalanan berbagi mereka.

“Untuk meningkatkan antusiasme terhadap kampanye ini, kami menggandeng sejumlah selebriti dan penyiar radio yang kami beri nama sebagai Share Buddy, seperti Franda, Jessica Iskandar, Baim Wong, Indra Bekti, Gading Marten, Tieke Priatnakusuma, dan masih banyak lagi. 20 Maret sampai 3 April penumpang GrabShare yang beruntung akan berkesempatan menikmati perjalanannya bersama 15 selebriti sebagai Share Buddy mereka dan memungkinkan mereka untuk saling berbagi cerita serta berpartisipasi dalam sejumlah permainan untuk meraih hadiah, termasuk diskon perjalanan GrabShare hingga Rp 1 juta,” jelas Mediko.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)