Management Strategy Trends

Hankook Fokus Penjualan Ban High Inch Tahun 2020

PT Hankook Tire Sales Indonesia atau Hankook, perusahaan ban asal Korea Selatan, memaparkan rencana bisnis perusahaan di tahun 2020 dan memperkenalkan jajaran manajemen baru yang akan memimpin bisnis Hankook di kawasan Asia Pasifik, Afrika, dan Timur Tengah, atau disebut Asia-Pacific, Africa, and Middle East (APAM). Yoonsoo Shin dipilih menjadi pemimpin dalam pemasaran Hankook di Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Yoonsoo Shin mengatakan bahwa tahun 2020 ini, perusahaanya akan fokus pada pemenuhan pasar domestik di Indonesia. “Kami menargetkan porsi persentase penjualan domestik menjadi double digit dari keseluruhan pangsa penjualan. Target ini meningkat di mana tahun lalu sebanyak 8% tersalur untuk pasar domestik,” ujarnya.

Adapun 3 langkah utama yang akan dilakukan perusahaan diantaranya pertama, fokus pada segmen ban high-inch. Kedua, melakukan perluasan jaringan distributor retail. Ketiga, meluncurkan produk baru untuk kendaraan SUV. Sepanjang tahun 2019, penjualan Hankook di pasar domestik meningkat lebih dari 20% dibandingkan penjualan tahun lalu.

“Pada 2020, kami akan memperbanyak retail di berbagai kota. Hal ini diharapkan dapat terus mengenalkan merek Hangkook di kota-kota kecil Indonesia,” kata dia menambahkan. Pihaknya akan meningkatkan jaringan distributor yang merupakan ujung tombak penjualan secara ritel.

Di 2019, industri ban disebut-sebut mengalami stagnasi penjualan, khususnya di pasar domestik yang berimbas dari penjualan industri otomotif. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia menyebutkan bahwa penjualan wholesales mobil per November 2019 sebanyak 940,362 unit, cukup ketat untuk mengejar penjualan wholesales sepanjang tahun 2018 yang mencapai 1,151,308 unit. Daya beli masyarakat yang tengah lesu serta harga pasaran mobil yang cukup tinggi menjadi penyebab menurunnya permintaan terhadap mobil. “Kondisi ini tidak terlalu berpengaruh kepada kami. Karena kami mengandalkan lini replacement equipment atau komponen pengganti di Indonesia di tahun 2019. Hal inilah yang menyebabkan kami bertahan dengan memasok produk ke distributor-distributor untuk konsumen retail,” kata dia melanjutkan.

Sampai akhir tahun 2019, Hankook Tire Indonesia telah bermitra dengan 25 distributor resmi yang tersebar di sejumlah wilayah di Indonesia, dari Sumatera, Jabodetabek, Jawa, Kalimantan, Bali, Sulawesi, hingga Papua. Jaringan ini ditargetkan akan terus meningkat di tahun 2020.

Cara lain yang akan dilakukan perusahaan untuk bertumbuh di tahun 2020 adalah dengan melakukan penjualan prioritas di segmen ban high inch. Produk ini diyakini coock untuk tipe kendaraan SUV (sport utility vehicle), off-road, dan kendaraan komersial seperti bus dan truk. Ketersediaan ban di kategori kendaraan ini belum sebanyak ban berdiameter kecil yang umumnya diperuntukkan bagi kendaraan penumpang jenis MPV (multi-purpose vehicle) dan LCGC (low cost green car).

“Ban high inch akan menjadi salah satu produk unggulan kami di pasar dalam negeri. Karena kami melihat, saat ini pemerintah Indonesia sedang sangat gencar melakukan pembangunan infrastruktur di berbagai daerah. Sehingga, mobilitas kendaraan pendukung juga perlu diperhatikan salah satunya lewat penggunaan ban yang sesuai dengan kondisi jalan, beban muatan, dan lokasi,” ujar Yoonsoo Shin menutup pembicaraan.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved