Honda Prospect Motor Capai 1 Juta Produksi di Indonesia

PT Honda Prospect Motor (HPM) semakin menegaskan komitmennya untuk memenuhi permintaan konsumen di Indonesia yang merupakan pangsa pasar produk Honda tertiggi ke-4 di dunia. Hal ini dibuktikan dari penjualan yang berhasil mencapai angka satu juta unit pada hari ini, Senin (27/3).

Seremonial 1 Juta Produksi PT HPM (Foto: Yosa/SWA)

Pencapaian ini juga merupakan hasil dari semakin berkembangnya fasilitas produksi PT HPM. Saat pabrik mulai beroperasi pada 2003, penjualan tercatat sebanyak 21.650 unit dengan investasi saat itu senilai Rp 700 miliar.

Tahun 2012, HPM mendirikan pabrik kedua dan mulai beroperasi pada Januari 2014 dan berhasil meningkatkan kapasitas produksi hingga maksimal 200.000 unit per tahun.

Penambahan fasilitas terus berlanjut dengan dibukanya pabrik Stamping pada Mei 2016 yang memproduksi panel samping, atap, lantai, dan sebagainya. Kemudian pada September 2016 juga beroperasi pabrik Crank Shaft yang memiliki kapasitas produksi hingga 240.000 unit per tahun.

Dalam rangka pencapaian satu juta produksi ini, PT HPM mengadakan acara seremonial di pabrik Karawang. Seiji Kuraishi, Executive Vice President Honda Motor Co. Ltd menyatakan terima kasihnya kepada Indonesia atas kepercayaannya selama ini dengan produk Honda.

"Indonesia merupakan salah satu pasar terpenting yang mempunyai potensi besar saat ini. Perluasan bisnis Honda di Indonesia merupakan perwujudan komitmen Honda untuk memenuhi permintaan konsumen sekaligus memaksimalkan potensi sumber daya lokal. Hal ini sesuai dengan arahan Honda untuk menjadi perusahaan yang keberadaannya selalu diiginkan oleh masyarakat lokal," ujar Seiji Kuraishi.

Sementara itu, Presiden direktur PT HPM, Tomoki Uchida, mengatakan pencapaian ini menunjukkan tingginya penerimaan konsumen dan akan terus memberikan kontribusi positif bagi masyarakat Indonesia dan industri otomotif.

"Pencapaian satu juta unit ini menunjukkan tingginya penerimaan konsumen terhadap Honda, sekaligus komitmen untuk pengembangan bisnis Honda di Indonesia. Kami akan terus menambah investasi di pabrik ini untuk meningkatkan fasilitas dab sumber daya manusia sehingga konsumen bisa mencapai kepuasan yang lebih tinggi serta memberikan kontribusi positif bagi industri otomotif dan masyarakat Indonesia secara umum," ungkapnya.

Acara tersebut juga dihadiri oleh I Gusti Putu Suryawirawan perwakilan dari Kementerian Perindustrian yang memberi apresiasi kepada Honda, sekaligus mengenang masa kecilnya bersama produk Honda.

"Indonesia memiliki kedekatan terhadap Honda, ingat sekali ketika saya masih sekolah di Bandung, masyarakat mengenal salah satu transportasi umum dengan sebutan Honda. Pemerintah juga masih terus mendukung Honda untuk mengembangkan bisnisnya supaya memberi kontribusi positif kepada industri dan masyarakat Indonesia," ujarnya.

Kegiatan produksi yang dioperasikan di pabrik Honda di Karawang ini tidak hanya dapat memenuhi kebutuhan pasar domestik saja tetapi juga meningkatkan aktivitas ekspor komponen ke berbagai negara. Sepanjang 2016, jumlah ekspor mencapai lebih dari 7.700 kontainer dibandingkan sebelumnya sekitar 5.600 kontainer.

 

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)