Marketing Trends

Isuzu Hadirkan Produk yang Fleet untuk Pelanggan

Isuzu Hadirkan Produk yang Fleet untuk Pelanggan

Setelah lama tak terdengar kiprahnya, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) tahun 2017 akan membuat sejumlah gebrakan. Pertama, menciptakan produk yang fleet buat customer, Kedua, peningkatan layanan purna penjualan, dan yang ketiga, meluncurkan sejumlah produk baru. Demikian seperti diutarakan oleh Eddy Yusuf, Direktur Divisi Perencanaan Produk IAMI, Senin 23/1/2017.

Eddy menambahkan, di tahun ini IAMI menargetkan total penjualannya sebesar 18.390 unit.. Target 18.390 unit tersebut terbagi atas masing-masing produk Isuzu, yaitu Isuzu Panther 1.100, Isuzu PU 1.400, D-Max 600, mu-X 1000, Bison 200, N Series 11.740, dan F Series 2.350 unit. Target tersebut meningkat dari tahun sebelumnya, di mana tahun 2016 lalu Isuzu mencatat total penjualan 16.724 unit yang masing-masing disumbang oleh Isuzu Panther 1.259, Isuzu PU 1.459, D-Max 1.445, mu-X 321, Bison 120, N Series 10.266, serta F Series 1.854 unit. Tahun ini, di tengah persaingan pasar otomotif yang ketat, IAMI menargetkan pangsa pasar, sebesar 19,20 persen, dengan rincian Isuzu Panther 1,4 persen, Isuzu PU 5,8 persen, D-Max 6 persen, mu-X 1,6 persen, Bison 0,2 persen, N Series 20,5 persen, serta F Series 14,6 persen.

Target ini cukup realistis mengingat kondisi perekonomian meski menunjukkan tanda-tanda perbaikan, namun untuk otomotif belum menunjukkan lonjakan yang signifikan. Tahun lalu, IAMI mamatok target sekitar 16 ribu-an unit, tercapai 16.724 unit. Tahun 2015 lalu, Isuzu mencatat penjualan 19.074 unit. Guna menggenjot target pangsa pasar dan penjualan, IAMI juga akan menambah jajaran produk dengan meluncurkan enam produk anyarnya. “Tahun lalu kita ada 55 line-up produk, di tahun ini kita akan tambah menjadi 61 di tahun ini,” ujar Eddy. Produk yang bakal diluncurkan tersebut masih di segmen mobil komersial seperti produk-produk baru Isuzu Elf dan Giga.

IAMI optimistis target tersebut bisa tercapai. Pasalnya masih banyak ceruk pasar yang bisa dimasuki Isuzu, seperti truk ringan dan kendaraan niaga ringan. Sebagai gambaran, tahun 2016 lalu, pasar kendaraan niaga ringan Isuzu lewat produk pick-up kabin ganda , D-MAX dan MU-X pangsa pasarnya meningkat dari 3% pada 2015 menjadi 13,7% di 2016. Padahal, harga yang dipatok untuk dua jenis kendaraan tersebut cukup tinggi.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved