Marketing Trends

Kejelian Yamaha Mengintip Pasar Baru

Kejelian Yamaha Mengintip Pasar Baru

Berkali-kali Yamaha Indonesia sukses menggarap pasar baru lantaran kejelian timnya dalam mengamati perkembangan perilaku konsumen sepeda motor di Indonesia. Keberhasilan itu pun mengantarkan Yamaha menjadi salah satu merek motor yang sangat diperhitungkan di Indonesia.

Salah satu momentum kesuksesan Yamaha lahir ketika memutuskan menggarap segmen skuter bertransmisi otomatis (skuter matik) untuk segmen perempuan, yang belakangan melebar ke segmen pria, bahkan anak muda. Keputusan itu pun terbukti tepat. Hingga kini seri produk skuter matik Yamaha Mio sukses menjadi salah satu pemimpin pasar dengan penjualan mencapai 326 ribu unit selama Januari-Oktober tahun ini.

Selain Mio, Yamaha pun memiliki produk sukses lainnya, seperti NMax, skuter premium yang terjual hingga 207 ribu unit di periode serupa, serta V-Ixion di segmen sepeda motor sport dengan jumlah penjualan 128 ribu unit di rentang waktu yang sama. Adapun menurut data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia, Yamaha memegang 20,4% pangsa pasar di Oktober 2016.

Sejumlah jurus pun dilakukan untuk terus mengungguli para pesaingnya. Di antaranya, dengan menggelar event promosi di tingkat nasional dan di berbagai daerah. Aktivitas bersama komunitas penggemar Yamaha, seperti Yamaha Riders Federation Indonesia, pun kerap digeber. Ada pula ajang Yamaha Sunday Race di sirkuit Sentul, Jawa Barat, bagi konsumennya yang tertarik balapan. Selain itu, Yamaha juga rutin menyegarkan jajaran produknya dengan warna dan grafis baru.

Yamaha pun mengokohkan kehadirannya di hati pencinta sepeda motor Indonesia dengan turut

mendukung tim balap roda dua di berbagai kelas. Hasilnya, tahun ini tim Yamaha sukses menyabet gelar juara nasional di kategori sport 250 cc dengan YZF-R25, juga di kelas 150 CC dengan pebalap Syahrul Amin. “Yamaha Indonesia juga berpartisipasi dalam balapan Asia Road Racing Championship yang memakai motor YZF-25. Selain itu, juga mengirimkan dua pebalap, Galang Hendra dan Imanuel Pratna, untuk dilatih langsung oleh Valentino Rossi di Italia di Master Camp VR46 Riders Academy,” kata Sutarya, Direktur Penjualan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, produsen dan distributor sepeda motor Yamaha di Indonesia.

Yamaha

Sutarya, Direktur Marketing PT Yamaha Indonesia Motor

Sutarya menuturkan, saat ini terjadi perubahan dari era industri ke customize. Perubahan ini menuntut kondisi berbeda, bukan hanya produk yang disegarkan, tetapi aktivitas merek dengan melibatkan konsumen pun harus terus diperbanyak dan diperbarui. “Sehingga, momen bersama Yamaha akan selalu dikenang sebagai pengalaman berharga yang tak terlupakan,” ungkapnya.

Strategi lainnya melibatkan peningkatan kualitas jaringan layanan pascajual untuk konsumen premium melalui R Shop, layanan tanpa antre (Fast Pit), Service Kunjung Yamaha dan One to One Service. Selain itu, Yamaha pun agresif menangkap perubahan pasar yang kini disemarakkan dengan pertumbuhan kelas menengah. Salah satu responsnya, dengan meluncurkan label Maxi Yamaha dengan kredo Live in The Higher Stage pada ajang Indonesia Motor Show 2016.

Label Maxi Yamaha menaungi sejumlah skuter matik premium dengan merek TMax, NMax dan XMax. Keputusan tim Yamaha untuk meluncurkan label Maxi lantaran melihat adanya perubahan tren di Indonesia yang mengarah pada pemilihan skutik premium. Kondisi itu didorong kuatnya perkembangan ekonomi kelas menengah yang telah mencapai level kemapanan tertentu sehingga memicu pergeseran selera motor. Kelas menengah itu bisa dibilang sudah mencapai kesuksesan. Di antaranya, ditandai dengan kepemilikan rumah, mobil, ataupun penghasilan tetap yang sangat memadai.

Maxi Yamaha diklaim Sutarya memberikan kebanggaan buat pengendaranya dengan keunggulan desain, fitur, performa, teknologi, kenyamanan dan handling. Dengan demikian, menurut dia, memiliki produk-produk Maxi Yamaha pun menjadi salah satu simbol kesuksesan itu di Indonesia.“Konsep Maxi sudah populer di Eropa dan menguasai market di sana. Sekarang dibawa ke Indonesia lewat TMax dan NMax yang sudah dijual di sini. XMax juga termasuk dalam Maxi Yamaha namun belum dipasarkan di Indonesia,” katanya.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved