Kijang Innova Raih Angka NPS Tertinggi

Toyota Kijang Innova, mobil penumpang yang termasuk dalam kategori Multi Purpose Vehicle (MPV), meraih nilai Net Promoter Score (NPS) dan Net Emotion Value (NEV) tertinggi di kategori otomotif dari survei yang dilakukan Majalah SWA dan Hachiko Net Promoter Solution. Ranking kedua diraih Honda Freed. Sedangkan untuk motor sport diraih oleh Kawasaki Ninja 250 cc dan kelas bebek diraih oleh Yamaha Jupiter. Innova, meraih nilai NPS tahun ini 16,98%. Sedangkan Honda Freed 14,86%.

Survei NEV dan NPS bertujuan untuk mendeteksi tingkat loyalitas pelanggan dan mencari pelanggan yang benar-benara merasa puas (loyal). Survei yang dicetuskan oleh Fred Reichheld tersebut untuk melihat indikasi pertumbuhan bisnis (financial growth) dari sisi pelanggan. Pelanggan yang benar-benar puas (loyal) cenderung akan melakukan pembelian kembali dan akan menjadi evangelist (pelanggan baru) atau menjadi promoter.

Menurut Sumardy, Pakar NPS dari Hachiko Net Promoter Solution, metodologi survei yang digunakan ini dimaksudkan untuk mendeteksi seberapa besar tingkat loyalitas pelanggan serta seberapa niat mereka untuk merekomendasikan sebuah merek berdasarkan pengalamannya. Survei yang dilakukan pada Agustus – September 2016, lalu melibatkan 4368 responden di tujuh kota/wilayah di Indonesia, yakni: Jabodetabek, Surabaya, Semarang, Medan, Makassar, Denpasar dan Bandung.

Kijang Innova

Kijang Innova

Selain Innova, produk Toyota yang memperoleh nilai NPS tertinggi adalah Toyota Yaris dikategori Hatchback. Menurut Rouli Sijabat, Manajer Public Relations PT Toyota Astra Motor (TAM), pelanggan adalah aset penting. TAM melakukan berbagai upaya agar bisa memberikan kepuasan baik kepada pelanggan baru maupun pelanggan existing sesuai dengan semangat Lets Go Beyond. “Kami memiliki Total Ownership Experience, di mana kami secera total berusaha memberikan layanan yang terbaik di setiap touch point antara customer dan Toyota,” ujarnya.

Cara ini mendapat respons positif dari pelanggan dan mampu menjaga pertumbuhan penjualan Toyota sepanjang 2016. Kijang selalu diminati oleh customer dan pembeli baru. Walhasil, pada November lalu, Innova menjadi pemimpin pasar di segmennya dengan pencapaian pangsa pasar 97,5%.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Jeunesse Kampanye You Are Perfect

Musuh bersama semua tipe kulit adalah penuaan. Ini memang tidak bisa dihindari tapi bukan berarti kerutan di wajah atau kantung...

Close