93 Perusahaan Diapresiasi “Indonesia Most Innovative Business Award 2017”

Salah satu strategi yang terbukti mampu membantu berbagai perusahaan untuk dapat bertahan adalah melakukan inovasi. Inovasi yang tepat baik dalam proses produksi maupun produk akhir mampu mendukung kinerja perusahaan sehingga dapat bersaing dan tetap bertahan mengikuti perkembangan zaman.

Inovasi bisnis adalah proses organisasi dalam memperkenalkan ide, alur kerja, metodologi, dan produk atau layanan baru. Inovasi secara umum mengacu kepada perubahan proses, atau penciptaan proses, produk, dan ide yang lebih efektif. Inovasi dapat tercipta dari adanya kreativitas yang berjalan di suatu perusahaan.

(ki-ka) Muhamad Ihsan, Pemred Warta Ekonomi ; Fadel Muhammad, Founder Warta Ekonomi; saat menyerahkan Penghargaan Indonesia Most Inovative Business Award 2017 kepada pemenang PT PNG (Persero) Tbk , sebagai pemenang dalam katagori Oil and Gas di Hotel Pullman, Jakarta

Dengan adanya inovasi yang membuat perusahaan besar seperti Microsoft, Boeing, dan Tesla dapat bertahan, serta perusahaan baru seperti Uber, dan Xiaomi dapat tumbuh dengan cepat. Kondisi ini disebabkan karena inovasi bisnis memiliki beberapa tujuan diantaranya untuk meningkatkan kualitas, menciptakan pasar baru, memperluas jangkauan produk, mengurangi biaya produksi, dan meningkatkan proses produksi.

Guna mengapresiasi perusahaan-perusahaan yang inovatif itu, diberikan ‘Warta Ekonomi - Indonesia Most Innovative Business Award 2017’. Untuk menentukan perusahaan-perusahaan yang terpilih sebagai pemenang ‘Indonesia Most Innovative Business Award 2017’, tim riset Warta Ekonomi melakukan penelitan dengan metode Desk research. Serangkaian kegiatan riset sejak tahap desk reseach hingga skoring perusahaan dilakukan pada 27 Desember 2016 hingga 20 Januari 2017.

"Dalam menentukan kandidat perusahaan yang tepat, tim riset Warta Ekonomi melakukan penelusuran menggunakan metode desk research. Kandidat ditentukan berdasarkan dari laporan tahunan, dan pantauan tim riset Warta Ekonomi atas inovasi yang telah dilakukan oleh perusahaan yang bersangkutan. Berdasarkan desk research yang telah dilakukan, terdapat kurang lebih 250 perusahaan yang tergolong sebagai perusahaan inovatif, dan perusahaan-perusahaan tersebut terbagi ke berbagai kategori dari berbagai industri," jelas Muhamad Ihsan, Pemred Warta Ekonomi

Kriteria-kriteria yang digali dalam desk research adalah sebagai berikut: pertama, sejarah perusahaan. Kedua, inovasi produk, dan jasa serta strategi dalam proses produksi yang dilakukan perusahaan dalam upaya berkompetisi, dan mengembangkan perusahaan dari tahun 2013 hingga tahun 2015. Ketiga, kinerja keuangan perusahaan di tahun 2013 hingga tahun 2015 berdasarkan karakteristik dari sektor industri perusahaan masing-masing. Keempat, setelah mendapatkan seluruh informasi yang diperlukan melalui desk research, dilakukan penilaian terhadap perusahaan-perusahaan terpilih untuk menentukan pemenang dalam setiap kategori industri.

Dasar kriteria penilaian terletak pada inovasi yang dilakukan oleh perusahaan terpilih, dan dijabarkan menjadi kriteria-kriteria berikut ini:
- Visi & Misi yang jelas dalam 3-5 tahun ke depan;
- Realisasi dan eksekusi strategi yang digunakan;
Tingkat keaslian produk dan jasa serta perubahan dari inovasi yang dilakukan;
- Kemajuan kinerja bisnis perusahaan dan pengaruh terhadap pasar.

Setelah menilai skor untuk masing-masing kandidat perusahaan inovatif, maka didapatkan total 93 perusahaan inovatif dengan inovasi terbaik untuk masing-masing kategori industri, serta 6 perusahaan inovatif yang mendapatkan Special Mention.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)