BNI Lakukan Rekrutmen Terbatas | SWA.co.id

BNI Lakukan Rekrutmen Terbatas

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk menyeimbangkan organisasi dengan sumber daya manusia. Perseroan masih melakukan rekrutmen meskipun terbatas mengingat ke depan industri perbankan lebih banyak di digital. Sehingga, kebutuhan teknologi terkini jauh lebih besar.

“Saat ini, bila ingin menambah target (pendapatan) dilakukan dengan menambah cabang dan karyawan. Nantinya, ke depan bank menggunakan digital. Kami masih melakukan rekrutmen tapi terbatas,” kata Chief Human Capital BNI, Alex Denni.

Saat ini, bank yang berdiri di tahun 1946 itu tengah memetakan kebutuhan karyawan untuk mengantisipasi perkembangan digital banking. Perseroan masih punya program magang untuk mengisi kebutuhan frontliner dan administrasi. Lamanya waktu magang bervariasi mulai dari setahun hingga 3 tahun.

Menurut dia, misi BNI adalah menjadi tempat bekerja terbaik untuk karyawan. Sehingga, mereka akan bangga untuk mencetak prestasi dan berkontribusi untuk negeri. Program terbaik adalah Officer Development Programme. Pada tahun 2017, program rekrutmen baru yakni melalui Management Trainee akan merekrut lulusan terbaik.

BNI Lebaran2

“Nantinya, kami akan melakukan rekrutmen untuk ODP berdasarkan regional. Untuk wilayah Papua, kami akan bantu universitas lokal meningkatkan kompetensi mahasiswanya dengan perbaikan kurikulum,” katanya.

Nah, perkembangan talent di BNI melalui tiga jalur. Pertama, jalur slowly untuk karyawan dengan kompetensi rendah namun memiliki kinerja bagus. Dengan pemberian bonus, mereka diharapkan tak mudah tergoda untuk pindah. Kedua, normal track yakni promosi jabatan yang memakan waktu hingga 4 tahun. Terakhir, adalah fast track yang kami sebut Club 46, yakni promosi dalam waktu dua tahun.

“Organisasi dan people harus seimbang. Organisasi menjanjikan sesuatu kepada orangnya. Sehingga, orangnya harus memberikan yang terbaik untuk organisasinya. Bila salah satu mengingkari, akan terjadi ketidakseimbangan,” katanya.

Dia menjelaskan, karyawan harus memiliki kinerja bagus untuk mendukung target perusahaan. Untuk mendukung strategi perusahaan, dibutuhkan karyawan yang memiliki kompetensi memadai. Kultur kerja di perusahaan juga sejalan dengan visi dan misi perusahaan.

“Employee Value Proposition adalah acuan kami dalam menjadikan BNI Group sebagai tempat terbaik bagi karyawan untuk berkontribusi, belajar dan bertumbuh untuk menjadi kebanggaan negeri,” kata Alex. (Reportase: Sri Niken Handayani)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Mencari Ahli Desainer Melalui Program Wake Up Before Startup

Desain menjadi salah satu subsektor dari 16 ekonomi kreatif dalam naungan Bekraf (Badan Ekonomi Kreatif). Untuk melatih bakat-bakat anak muda...

Close