Management

Federal Oil Gandeng Ribuan Bengkel

Federal Oil Gandeng Ribuan Bengkel

PT Federal Karyatama, produsen Federal Oil, melakukan segala cara untuk menggenjot penjualan. Salah satunya dengan merangkul banyak bengkel serta memperhatikan para mekaniknya. Sudah ada 3.000 bengkel yang dirangkul menjadi Federal Oil Center.

“Dengan pengalaman panjang, Federal Oil melakukan transformasi sehingga strateginya kuat. Pemasaran sudah kuat dengan mengandalkan Federal Oil Center dan jaringan distribusi yang memadai,” kata Managing Partner Inventure, Yuswohady.

Menurut dia, Federal Oil juga sudah sudah mulai merambah dunia digital selama dua tahun terakhir. Mereka menyasar generasi millenial yang akrab dengan gadget-nya. Generasi Y inilah pembeli potensial mereka di masa depan.

Patrick Adhiatmadja, President Director PT Federal Karyatama.

Patrick Adhiatmadja, President Director PT Federal Karyatama.

“Federal Oil menjadi brand yang paling agresif dengan membuat blog komunitas di samping website resmi mereka. Keduanya terintegrasi dengan media sosial mereka. Tak sekadar akun, tapi ada landing page atau home community yang dikembangkan untuk aktivasi brand,” ujar dia.

Dia menjelaskan, aktivasi mereka juga dilakukan dengan menggelar berbagai program seperti Nonton Bareng Euro 2016, Mudik Bareng dengan para mekanik, dan lainnya. Federal Oil juga mensponsori pembalap, Sam Lowes di tim Federal Oil Gresini Moto2 yang menjadi juara.

“Ini akan mengangkat nama mereka. Pemenang akan dikaitkan dengan nama brand. Seperti yang dilakukan brand Yamaha yang mensponsori Valentino Rossi. Saat The Doctor menang, nama Yamaha ikut naik,” kata dia.

Pria yang akrab disapa Siwo ini menuturkan, Federal Oil mesti waspada dengan penurunan penjualan motor sepanjang tahun 2015 yang diperkirakan akan berlanjut pada tahun ini. Tak hanya agresif di kanal digital, mereka juga harus merangkul mekanik yang juga berperan penting dalam pemilihan oli.

Menurut dia, Federal Oil sudah melihat ke sana. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan, misalnya sertifikasi mekanik, mengembangkan kompetensi mereka, menjadikan mekanik sebagai brand ambassador, brand activator, dan lainnya. Ini tidak sekadar gimmick, tapi membangun hubungan yang sifanyat jangka panjang.

“Harapannya, ini akan membuat mekanik merekomendasikan produk Federal Oil dengan senang hati pada konsumen,” kata dia.

Kebijakan Federal Oil menggandeng bengkel dan membuat Federal Oil Center atau Super Federal Oil Center sudah dimulai sejak 2012 lalu. Kebijakan ini diharapkan mampu meningkatkan engagement dengan bengkel serta para mekaniknya. Setiap tahun, jumlah bengkel yang digandeng bertambah 10-15%.

Federal Karyatama juga sudah meluncurkan produk Federal Oil mobil untuk passenger car yang berbahan bakar bensin maupun diesel, dan juga minibus dan pickup. Ini untuk mengantisipasi penjualan mobil yang lebih stabil dibanding motor. Meski begitu, oli motor masih menjadi tulang punggung penjualan selama 10 tahun terakhir. (Reportase: Aulia Dhetira)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved