Ini Fokus Strategi MAP di 2017

Tahun 2017 MAP tidak akan melakukan penambahan brand. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari stratgei bisnis perusahaan untuk memfokuskan pada brand-brand yang sudah bergabung sebelumnya. Fetty Kwartati, Director Relation & Corporate Secretary PT Mitra Adiperkasa (MAP) Tbk., menjelaskan, tahun lalu ekspansi merata di semua format brand, tapi karena portofolio sudah besar dan tidak memungkinkan semua brand dikembangkan dengan kecepatan yang sama. Alhasil, perusahaan harus memakai strategi fokus.

Portofolio MAP dibagi menjadi empat yaitu department store, speciality store (aktif dan fashion), F&B, dan lain-lain. Tahun ini, perusahaan akan memfokuskan pada F&B dan fashion, serta sports. Di mana pada setiap protofolio akan ada brand tertentu yang menjadi driver.

Untuk F&B, tahun ini akan lebih banyak buka gerai Starbucks. “Lalu brand milik Inditex Group seperti Zara, Pull & Bear, Massimo Duti, Bershka, dll. Jadi fokus di fast fashion retailing dan young adult fashion. Lalu di sports adalah konsep multiformat store seperti Sport Station dan Planet Sport,” ungkapnya.

Fetty Kwartati, Director Relation & Corporate Secretary PT Mitra Adiperkasa (MAP) Tbk (Doc.SWA)

Selama 3 tahun belakangan, perusahaan sudah banyak melakukan internal konsolidasi, sehingga tahun 2017 ini, MAP juga akan ekspansi jumlah store—sekitar 200 store. Seperti diketahui saat ini jumlah store MAP hampir menyentuh angka 2.000 outlet di seluruh Indonesia, di mana kontribusi terbesar berasal dari store-store Jakarta yaitu 68 persen.

Dalam mendirikan sebuah store baru bukan dalam waktu yang singkat bagi MAP. Perusahaan melihat dulu dari sisi tingkat populasi di suatu daerah, siapa saja pesaing yang sudah ada di sana, bagaimana performa mereka, lalu MAP akan melakukan uji coba dengan menjadi distributor di sebuah toko. Jika respon konsumen dan lokasi strategis, baru akan memulai buka toko, umumnya Sport Station dulu karena dianggap paling fleksibel dibading brand lainnya.

Lalu layanan, dengan jumlah member MAP Club yang mencapai 1,3 juta dalam waktu setahun tersebut, member dapat menggunakan kartu di semua store yang dinaungi MAP. Selain customer mendapat keuntungan, perusahaan juga mendapat data analitik yang dapat diperoleh dari membership tersebut, seperti profile customer dll. Jadi perusahaan dapat menerapkan segmented marketing strategy, di mana kue terbesar usia customer MAP berkisar antara 20-50 tahun. “Strategi lainnya, sejak 2 tahun lalu kami sudah memiliki planetsport.net, yang saat ini digabung menjadi MAPeMall, sehingga produk lebih luas,” tegasnya.

 

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Cara Unik Tres Jolie Luncurkan Koleksi Musim Semi

Fashion brand Tres Jolie menggelar peluncuran koleksi musim semi terbaru di Ciputra World Surabaya. Berbeda dari peluncuran produk seperti biasanya,...

Close