Management

Jakarta Banjir, BRI Optimalkan Layanan e-Banking

Oleh Admin
Jakarta Banjir, BRI Optimalkan Layanan e-Banking

Ibukota Indonesia, yakni Jakarta, sedang dilanda banjir di sejumlah titik. Sejumlah unit kerja dan kantor Bank Rakyat Indonesia (BRI) pun ikut terendam banjir. Sebagai langkah untuk tetap menyajikan layanan yang maksimal kepada nasabahnya, BRI pun mengoptimalkan layanan perbankan elektroniknya (e-Banking).

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk

“Sekitar 50 kantor layanan BRI di Jabodetabek memang mengalami gangguan. Namun nasabah BRI dapat mengakses layanan perbankan dengan mudah melalui e-Banking BRI, seperti sms banking, phone banking, maupun internet banking, hingga e-channel BRI, seperti ATM, CDM, EDC, maupun Kiosk BRI,” sebut Muhamad Ali, Sekretaris Perusahaan BRI, dalam siaran pers yang diterbitkan Kamis (17/1/2013).

Bencana banjir yang terjadi di sejumlah titik di Jakarta pada hari ini telah menghentikan operasional unit kerja BRI di RS Angkatan Laut Mintoharjo, Bendungan Hilir, Jakarta Selatan. Tidak hanya itu, Ali mengatakan, ada sebanyak 5 Kantor Cabang Pembantu, 3 Kantor Cabang, 3 Kantor Kas, 5 Kantor Unit BRI, dan 3 Teras BRI, yang telah berhenti beroperasi karena bencana ini. Dan, lanjut dia, ada 10 unit kerja yang terganggu banjir tetapi tetap bisa beroperasi.

Sekalipun demikian, Ali menuturkan bahwa bank BUMN ini akan tetap berusaha melayani nasabahnya secara optimal. Salah satu langkahnya adalah menggenjot pelayanan melalui perbankan elektronik. Karena, menurut bank, nasabahnya rata-rata sudah menggunakan layanan perbankan elektronik, ATM (Anjungan Tunai Mandiri), hingga EDC (Electronic Data Capture).

Bahkan transaksi e-channel BRI merupakan layanan favorit nasabah di Jakarta. Per 15 Januari 2013, transaksi e-channel BRI sebanyak 3.696.435 transaksi. Transaksi pun meningkat menjadi 3.750.586 transaksi pada 16 Januari kemarin. “Pelayanan kliring juga berjalan dengan baik,” tambah Ali.

BRI pun mengklaim bahwa layanan e-Banking miliknya tidak mengalami gangguan. Sebab, BRI mempunyai dua data center yang dilengkapi dengan sistem yang terbaru. Keduanya beroperasi secara paralel sehingga dapat selalu dapat saling mendukung, untuk mengantisipasi dampak bencana atau gangguan apapun.

“Dengan layanan e-Banking BRI yang kian luas, nasabah dengan mudah dapat mengakses layanan BRI. Sebab, ketersediaan kantor operasional dan e-channel BRI yang sangat banyak. Fitur layanan e-Banking BRI juga sangat banyak, yakni ada lebih dari 200 fitur. Sehingga nasabah BRI memang dapat melakukan transaksi perbankan dengan mudah,” tutur Ali. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved