Jet Express Incar Pertumbuhan Bisnis 10 Kali Lipat | SWA.co.id

Jet Express Incar Pertumbuhan Bisnis 10 Kali Lipat

Belanja apapun kini semudah menggerakkan jemari di layar smartphone. Belanja daring kian digemari terutama oleh generasi millenial. Tak heran, industri e-commerce tak henti mencetak pertumbuhan mengagumkan selama beberapa tahun terakhir. Inilah yang dibidik Jet Express saat hadir di belantara industri logistik sekitar setahun yang lalu.

“Dalam satu tahun beroperasi, nilai omset Jet Express telah sampai di kisaran miliaran rupiah. Selama tiga tahun ke depan, kami optimis menargetkan pertumbuhan omset sebesar lebih dari sepuluh kali lipat,” kata Peter D. Chandra, CEO Jet Express.

JETexpress_Team

Menurut dia, pertumbuhan pesat industri adalah peluang besar untuk para pemain di sektor logistik. Pembelian barang secara online membutuhkan jasa pengiriman barang yang memadai dari penjual ke pembeli yang berada di lokasi berbeda. Bisnis jual-beli online ini juga memiliki kebutuhan khusus, di antaranya cash on delivery (COD), same day service, dan penanganan pengembalian produk. Dari segi volume bisnis, pertumbuhan industri logistik yang mendukung e-commerce akan naik seiring dengan berlipat gandanya pertumbuhan e-commerce setiap tahun.

“Karena e-commerce merupakan bisnis yang berbasis internet, Jet Express mengikuti perkembangan tersebut dengan senantiasa melakukan transformasi digital dan menjadikan internet juga sebagai basis operasional bisnis,” katanya.

Selain itu, perseroan juga mengembangkan fitur-fitur yang menjawab kebutuhan pengguna internet. Seperti, pengembangan aplikasi mobile Jet Express, yang memudahkan pelanggan melacak pengiriman barang dan menghitung tarif pengiriman di manapun dan kapanpun. Selain itu, ke depannya pelanggan juga dapat melakukan request pickup barang untuk dikirim melalui fitur pickup on demand.

“Dalam hal investasi, kami memilih sedikit agresif dalam belanja modal. Terutama, di bidang-bidang strategis seperti SDM, jaringan, pemasaran, dan teknologi. Karena berbasis internet, kami menggunakan Big Data agar lebih tepat menyesuaikan pengerahan armada untuk menjaga keseimbangan profit dan kualitas layanan,” kata dia.

Peter menjelaskan, Jet Express menjawab tantangan di industri logistik dengan memanfaatkan teknologi. Kekuatan IT ini yang memungkinkan perusahaan terus berinovasi dalam efisiensi operasional. Sehingga, mampu menawarkan layanan yang menjawab kebutuhan dan memberi kemudahan pada pelanggan. Sebut saja, pelanggan akan menerima notifikasi SMS saat kiriman telah diproses dan diterima.

Pelanggan juga dapat mengecek status pengiriman secara langsung di website www.jetexpress.co.id maupun aplikasi mobile Jet Express yang tersedia untuk smartphone Android dan iOS. Untuk menjawab tantangan sumber daya manusia, kami melakukan harmonisasi antara SDM, sistem kerja dan teknologi yang digunakan. Jet Express menggelar pelatihan karyawan secara berkala untuk memastikan kualitas pelayanan sesuai standar.

“Empowering SDM dan pemanfaatan teknologi IT menjadi strategi utama dalam bersaing dan bertumbuh di tengah ketatnya persaingan industri logistik. Strategi ini memungkinkan kami untuk terus berinovasi sesuai dengan perkembangan zaman dan kebutuhan pelanggan,” ujar dia. (Reportase: Maria Hudaibyah Azzahra)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Jumlah Investor Melonjak 104,2%

Jumlah investor di pasar modal pada 20 Desember 2016, menurut data PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), mencatat jumlah Single...

Close