Management

Mengulik Bisnis Kebersihan ala Freshklindo

Mengulik Bisnis Kebersihan ala Freshklindo

Kebersihan adalah sebagian dari iman. Tempat kerja yang bersih akan menambah nyaman para karyawan. Peluang inilah yang digarap Freshklindo Graha Solusi (FGS). “Karyawan kami sudah mencapai 20 ribu orang. Kunci pertumbuhan bisnis kami adalah inovasi dan jujur,” kata Tommy G. Hardjana, President Director Freshklindo.

Menurut dia, mereka kini melayani 50 pelanggan yang didominasi kompleks perkantoran. Sisanya adalah pabrik, rumah sakit, sekolah. Berdiri sejak 1995 silam, mereka menawarkan beragam layanan. Mulai dari Home, Office, & Industry Cleaning, Outdoor Cleaning, Rope Acces, dan Office Support Services.

“Kuncinya adalah inovasi dan kejujuran. Pelanggan kami dari kelas menengah ke atas. Seperti banyak kantor kedutaan besar. Kami berusaha memberi layanan eksklusif sehingga mereka puas dan terus menggunakan jasa kami,” kata dia.

Tommy G. Hardjana (bawah-kiri), Dirut Freshklindo Graha Solusi

Untuk mempertahankan kualitas layanan, lanjut dia, pelatihan yang berkesinambungan mutlak dibutuhkan. Kegiatan ini juga penting untuk menumbuhkan nilai-nilai kejujuran yang saat ini semakin langka, tergerus perkembangan zaman.

Tommy menjelaskan, perseroan menggelar beragam acara penghargaan kepada karyawan yang memiliki kinerja dan kejujuran di atas rata-rata. Ini penting untuk memacu semangat kerja karyawan yang telah mencapai puluhan ribu orang.

Selain menggarap Ibukota dan kota-kota di sekitarnya, seperti Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, Freshklindo juga membuka cabang di berbagai kota di Indonesia. “Kami punya cabang seperti di Banten, Jawa Barat, Jawa Timur,” kata dia meskipun menolak menyebutkan raihan pendapatan sepanjang 2016 lalu.

Saat ini, fokus perseroan adalah mempertahankan pelanggan yang sudah ada di tengah situasi ekonomi yang belum terlalu kondusif seperti sekarang. Perseroan juga selektif dalam mengikuti tender proyek tidak seperti sebelumnya yang fokus menggenjot jumlah pelanggan.

Ia menambahkan, perseroan selalu mengutamakan kesejahteraan karyawan. Karyawan adalah mitra sekaligus aset yang paling berharga. Tanpa mereka, perusahaan tidak ada artinya. Mereka adalah ujung tombak. Oleh karena itu, mereka selalu mendapat pelatihan baru agar kariernya terus naik

“Karyawan kami mendapat banyak benefit selain gaji. Jenjang karier terbuka lebar. Banyak dari mereka yang awalnya di level bawah telah naik hingga satu level di bawah direksi. Inilah yang membuat mereka betah,” kata Tommy.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved