Management Strategy

Zalora Fokuskan Bisnis Fashion Saja

Oleh Dibi
Zalora Fokuskan Bisnis Fashion Saja

Zalora siap dalam menghadapi National Online Shopping Day yang nanti akan dilaksanakan pada tanggal 12 Desember 2015. Jo Bjordal, Head Marketing Zalora, menjelaskan, meski saat ini “rencana perang” Zalora belum komplit, perusahaan itu pasti akan menyediakan diskon besar-besaran. Anthony Fung, CEO Zalora membenarkan hal itu, “Saat tanggal 12 Desember nanti, akan ada banyak produk yang kami diskon. Semua produk itu akan didiskon mulai dari 30% hingga 60% dan akan ada beberapa barang spesial yang harganya akan mendapat potongan hingga 80%.”

Zalora Studio Room

Diperkirakan bahwa pada hari tersebut kondisi warehouse Zalora yang bertempat di Bekasi akan sangat sibuk karena melayani packing pesanan yang berlimpah seperti National Online Shopping Day tahun 2014a. Meski begitu, pengiriman barang di seluruh Indonesia saat ini sudah sangat terbantu karena Zalora memiliki beberapa warehouse pendukung di kota-kota besar di Indonesia, seperti Denpasar, Bandung, Surabaya, dan Jabotabek. Total jumlah supporting warehouse Zalora di seluruh kota di Indonesia saat ini ada 15 unit.

“Selain itu, untuk mendukung pengiriman, kami juga bekerja sama dengan perusahaan kurir lokal,” tambah Anthony. Di luar strategi bekerja sama dengan kurir lokal untuk membantu pengiriman, Zalora juga memiliki strategi lain dalam hal meningkatkan penjualan barang dan meraih kepercayaan brand-brand yang mau menjual barangnya melalui Zalora.

Berbeda dengan beberapa pemain e-commerce lain, Zalora memilih untuk fokus di satu segmen produk saja yaitu produk-produk fashion. “Kami bisa saja seperti pemain lain di e-commerce yang tidak hanya menjual produk fashion, tapi juga menjual produk elektronik tapi kami tidak ingin melakukan itu. Kami ingin tetap fokus di segmen ini karena ini sangat membantu kami dalam meyakinkan brand-brand fashion untuk menaruh kepercayaannya pada kami. Tentu jika Anda memiliki sebuah brand fashion akan sangat bangga kan bila produknya disandingkan dengan brand-brand fashion global lain seperti Nike,” jelas Anton. Dia juga menjelaskan bahwa dengan fokus di satu segmen akan menguatkan brand image Zalora di mata konsumen sebagai e-commerce eksklusif untuk fashion.

Zalora juga menyiapkan acara besar lainnya yang dinamakan Zalora Great Sale. Acara ini, menurut Anthony adalah acara berdurasi satu bulan yang di dalamnya terdapat banyak diskon, acara tersebut rencananya akan dimulai pada tanggal 6 Oktober dan berakhir pada tanggal 6 November. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved