Bukalapak Catatkan Nilai Transaksi Rp 10 Triliun di 2016 | SWA.co.id

Bukalapak Catatkan Nilai Transaksi Rp 10 Triliun di 2016

Memasuki tahun ke-7, situs jual beli online Bukalapak mencatatkan nilai transaksi Rp 10 triliun di tahun 2016. Di mana transaksi hariannya kini sudah mencapai Rp 50 miliar. Dengan total karyawan saat ini mencapai 500 orang, pendapatan Bukalapak di 2016 naik 20 kali lipat, selangkah lagi menuju profitabilitas.

Achmad Zaky, Co-Founder dan CEO Bukalapak dan Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika RI di acara Ulang Tahun Bukalapak ke-7

Peningkatan pendapatan Bukalapak didukung lewat berbagai upaya serta kerja sama dengan berbagai pihak. “Di 2016, kami telah menambahkan berbagai produk baru di Bukalapak, mulai dari BukaReksa, BukaModal, hingga BukaIklan,” ujar Willix Halim, COO Bukalapak.

Selain itu, banyak fitur yang sudah dibangun untuk memudahkan para Pelapak dalam mempromosikan barang dagangannya. Salah satu fitur Pelapak terbaik adalah Premium Membership yang dapat menaikkan rata-rata pendapatan Pelapak hingga 10 kali lipat. Selain itu, melalui kampanye-kampanye kreatif di tahun 2016.

Platform online yang memiliki model bisnis konsumen ke konsumen (C2C) ini, telah mendapatkan berbagai penghargaan, mulai dari video Pendekar Jari Sakti (Medok) mendapatkan penghargaan dari YouTube sebagai Video Terpopuler di Indonesia, Top 50 Most Valuable Indonesia Brands dengan predikat ‘One to Watch’ oleh Brandz, hingga menerima Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya, yang diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Sang pendiri sekaligus CEO, Achmad Zaky menceritakan bagaimana Bukalapak lahir sebagai platform pasar online asli buatan Indonesia yang bertujuan untuk menghubungkan para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) dan pembeli dengan aman, mudah, dan terpercaya.“Dulu masyarakat Indonesia belum familiar dengan adanya platform pasar online. Meyakinkan para pelaku UKM untuk menggunakan platform kami dan mencari investor itu susahnya setengah mati.” ujar Zaky.

Usaha Zaky dan tim membuahkan hasil yang signifikan di tahun 2016, di mana terjadi peningkatan pageviews hingga 16 kali lipat yaitu 13,4 miliar dibandingkan dengan tahun 2015 sebanyak 800 juta. Dengan 1,3 juta Pelapak yang bergabung dan berhasil menciptakan lapangan pekerjaan baru, Namun sekarang Bukalapak sudah menjadi destinasi pasar online di Indonesia dengan 11,2 juta anggota.

Editor : Tiffany Diahnisa

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Awali Tahun 2017, CGV Blitz Lakukan Rebranding

Mengawali tahun 2017, CGV Blitz resmi berubah menjadi CGV. Tujuan dari rebranding ini untuk memperkuat identitas perusahaan dan mengaktualisasi konsolidasi...

Close