Marketing Trends

Cara Bisnis Tetap Eksis Hadapi Perubahan Newsfeed pada Facebook

Cara Bisnis Tetap Eksis Hadapi Perubahan Newsfeed pada Facebook

Salah satu alasan banyaknya orang kembali membuka media sosial Facebook adalah ingin melihat kabar berita dari jaringan pertemanan mereka melalui timeline terbaru yang ditampilkan. Adanya kolom timeline pada Facebook dinilai mampu membangun hubungan antar sesama penggunanya untuk saling berbagi komentar, memberikan like dan menshare kembali postingan tersebut.

Melalui situs resminya, Facebook mengumumkan perubahan algoritma pada tampilan kabar berita (news feed) sehingga timeline pengguna Facebook akan lebih banyak menampilkan post dari teman-teman yang pengguna pedulikan. Dengan adanya perubahan tersebut diharapkan pengguna tidak melewatkan cerita-cerita menarik dari teman-temannya.

Facebook

Hal tersebut tentunya menjadi tantangan bagi banyaknya bisnis dan juga brand karena tidak bisa dipungkiri lagi kini media sosial Facebook telah menjadi salah satu saluran sarana komunikasi maupun juga tempat berpromosi mereka. Perubahan algoritma ini membuat Facebook menurunkan peringkat kemunculan post dari Facebook Page yang biasanya digunakan banyaknya bisnis maupun juga brand. Pengguna Facebook akan lebih jarang melihat post dari brand yang dinilai kurang relevan dengan profil pengguna tersebut dan teman-temannya.

Menurut Anggriawan Sugianto, Business Director Suitmedia, ada dua cara yang bisa dilakukan oleh brand untuk meningkatkan visibilitasnya di News Feed dalam menghadapi perubahan algoritma ini. “Yang pertama adalah secara organik (tanpa iklan), brand sebaiknya lebih banyak membuat post viral yang bisa menggerakkan orang untuk membagikan kembali (share) post tersebut ke jaringan pertemanannya. Pengguna Facebook pasti akan mendapatkan post/konten dari Facebook Page suatu brand di timeline-nya, jika ada banyak orang yang membagikan (share) konten tersebut, dan banyak dari teman-temannya memberikan likes atau komentar,” ujarnya.

Cara kedua supaya brand bisa tetap mendapatkan visibilitas adalah dengan memanfaatkan fitur iklan di Facebook. “Apabila brand bisa memanfaatkan semua fitur iklan Facebook dengan tepat, maka brand bisa menjangkau target konsumen dari brand tersebut secara sangat akurat, sehingga akhirnya tidak hanya meningkatkan awareness, tetapi juga bisa meningkatkan penjualan,” ujar Anggriawan. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved