Ini Inovasi Google Soal Musik

Semua orang suka musik. Kaum pria maupun wanita, tua-muda, besar-kecil, semuanya tak pernah lepas dari musik. Google meluncurkan pengalaman baru menelusuri informasi seputar musik di Indonesia lewat kampanye #SelaluTauMusik.

Ini adalah satu dari rencana Google di tahun 2017 untuk terus mengembangkan inovasi yang relevan bagi minat penelusuran masyarakat Indonesia. Selain musik, orang Indonesia juga mengandalkan Google untuk mencari informasi tentang travel, makanan, dan entertainment.

“Fokus kami adalah terus memberikan pengalaman menelusuri informasi yang lebih baik, lebih mudah, dan lebih cepat bagi masyarakat Indonesia, menggunakan teknologi terbaik yang dimiliki Google,” kata Veronica Utami, Head of Marketing, Google Indonesia dalam rilisnya.

Search Marketing Manager Google Indonesia, Mira Sumanti mengatakan, musik adalah salah satu topik yang paling banyak ditelusuri orang Indonesia di Google. Misalnya lirik lagu, judul lagu, dan informasi seputar musisi favorit mereka. Ada dua fitur terbaru di Google App untuk membantu masyarakat Indonesia menemukan informasi seputar musik dengan lebih mudah dan cepat.

Google kampanye #selalutaumusik

Pertama, knowledge panel yang didesain untuk menampilkan berbagai informasi yang paling banyak dicari netizen terkait musisi, album, dan lagu. Fitur kedua dikembangkan bagi para musisi dan publik figur lainnya di Indonesia untuk bisa menerbitkan informasi secara real time di hasil penelusuran Google terkait mereka.

“Fitur ini kami kembangkan untuk Indonesia agar Anda bisa menemukan informasi yang lengkap dengan lebih cepat melalui ponsel,” kata dia.

Dengan knowledge panel, netizen tak lagi harus menelusuri banyak tautan untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan mereka di Google. Mereka bisa mendapat informasi yang lebih detail seputar musisi dan lagu yang mereka cari, serta menemukan lirik lagu secara langsung di dalam Google App.

“Musik adalah hidup saya. Informasi yang saya dapatkan di Google membantu saya mendapatkan inspirasi dalam membuat karya. Fitur ini akan membuat semua lebih mudah. Saya yakin masyarakat Indonesia juga akan merasa terbantu, misalnya saat mereka akan sing along dan butuh lirik dari Google,” ujar Anji, musisi Indonesia yang tahun lalu menempati urutan pertama YouTube Rewind Indonesia dengan tembang “Dia”.

Fitur lainnya memungkinkan figur publik maupun organisasi resmi yang telah diverifikasi untuk menulis post di hasil penelusuran Google. Dapat berupa teks, gambar, atau video, post ini bisa dimanfaatkan musisi untuk menerbitkan informasi yang up-to-date kepada penggemar. Musisi, label musik, penyelenggara konser, maupun entitas lain yang tertarik untuk mencoba fitur ini dapat mengunjungi posts.withgoogle.com.

“Saya tahu pasti kalau penikmat musik di Indonesia kerap memanfaatkan Google untuk mencari kabar terbaru seputar artis favorit mereka. Sekarang kita sebagai musisi bisa langsung memberikan informasi yang mereka inginkan di halaman pertama Google, jadi lebih cepat dan praktis buat kita semua,” kata musisi legendaris Indonesia, Iwan Fals.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Honda Resmikan Dealer Ke-136

Honda tampaknya serius dalam menggenjot target penjualan mobil tahun ini yang sebesar 210 ribua-an unit. Setelah tiga hari lalu meresmikan...

Close