Marketing

Jalur Bancassurance Masih Jadi Andalan Distribusi Zurich Topas Life

Jalur Bancassurance Masih Jadi Andalan Distribusi Zurich Topas Life

PT Zurich Topas Life (ZTL) mencatatkan pertumbuhan premi dari jalur distribusi bancassurance sebesar 133% pada tahun 2016 dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Bancassurance merupakan salah satu jalur distribusi utama bagi ZTL dan telah memberikan kontribusi sebesar 37% terhadap keseluruhan premi perusahaan pada 2016.

“Kami akan terus mengembangkan jalur distribusi melalui bancassurance pada tahun 2017 dengan menyasar segmen kelas menengah dan menengah ke atas di Indonesia,” ujar Presiden Direktur Zurich Topas Life, Peter Huber. Melalui berbagai langkah strategis perusahaan bekerja sama dengan berbagai bank, pada akhir 2017 Zurich menargetkan agar angka premi melalui jalur distribusi bancassurance dapat meningkat 125%.

Salah satu langkah strategisnya, ZTL akan menggandeng Bank of China sebagai mitranya untuk melayani kalangan internasional. Keduanya melihat adanya peluang untuk melayani kalangan internasional di Indonesia terkait kebutuhan proteksi dan investasi. Menurut Peter, hal ini akan memberikan dua manfaat bagi nasabah ZTL. Pertama, nasabah akan semakin mengenal brand ZTL secara global sehingga memberikan rasa nyaman kepada para nasabah untuk memilihnya sebagai perusahaan asuransi jiwa. Kedua, perpaduan pengalaman ZTL dan Bank of China di berbagai negara di dunia serta pemahaman lokal atas pasar di Indonesia akan dapat memberikan rangkaian produk intelligent protection yang sesuai kebutuhan nasabah.

ZTL melihat adanya kebutuhan lebih dari sekadar proteksi jiwa untuk komunitas internasional yang tinggal di Indonesia. “Mereka cenderung memiliki masa tinggal relatif pendek, akan tetapi mereka tetap membutuhkan proteksi maksimal. Kami menjawab kebutuhan tersebut dengan meyediakan serangkaian produk yang sesuai,” ujar Peter. ZTL memiliki sejumlah produk mulai dari asuransi tradisional hingga produk asuransi jiwa dwiguna inovatif dengan jaminan cashback tahunan dan hasil investasi optimal yang dilihat berpotensi menjawab kebutuhan komunitas internasional.

Bank of China juga menyambut baik rencana menyasar pasar komunitas internasional tadi. “Profil kebanyakan nasabah kami merupakan pengusaha – termasuk nasabah wealth management. Kami melihat bahwa ZTL memiliki berbagai produk yang dapat disesuaikan kebutuhan profil nasabah kami,” ujar Assistant Country Manager Bank of China Du Qiqi. Rencana kerja sama dengan Bank of China juga dinilai sebagai bagian dari strategi bisnis Bank of China. “Pemasaran produk bancassurance adalah salah satu pendukung bisnis perbankan ritel Bank of China dalam memberikan layanan kepada nasabah kami,” tambah Du Qiqi.

Selain melalui bancassurance, ZTL juga didukung jalur agensi. Perusahaan asuransi ini telah memiliki lebih dari 3.500 agen aktif tersebar di berbagai kota besar di Indonesia. Perusahaan juga mulai mengembangkan jalur affinity. “Kami sangat terbuka dengan kemitraan Affinity yang dapat memfasilitasi para nasabah dengan akses akan kebutuhan asuransi jiwa yang sesuai dengan kebutuhan mereka,” jelas Peter.

Editor : Eva Martha Rahayu


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved