Kompas Gramedia Fair 2012 Targetkan Transaksi Naik 20% | SWA.co.id

Kompas Gramedia Fair 2012 Targetkan Transaksi Naik 20%

Kelompok Kompas Gramedia (KKG) tahun ini kembali menggelar acara tahunan yaitu Kompas Gramedia Fair (KGF) yang ke 30. KGF yang digelar di Istora Gelora Bung Karno mulai 29 Februari – 4 Maret 2012. Menurut Wandi S Brata, Direktur Pengelola Kompas Gramedia, dalam setahun KKG menyelenggarakan pameran buku sekitar 4-6 kali. Selain di Jakarta, KGF dilaksanakan secara bergilir di beberapa kota besar di seluruh Indonesia. “Bila tahun lalu nilai transaksi selama pameran sekitar Rp 5 miliar, maka nilai transaksi pameran kali ini diharapkan akan meningkat 20%,” kata Wandi.

Kompas_Gramedia, Fair, Buku

Acara tahunan KKG ini bertujuan untuk mendekatkan akses buku ke masyarakat Jakarta dan sekitarnya, mengingat buku masih menjadi bagian utama dari penyampaian informasi. Dengan pengalaman selama puluhan tahun di bidang media massa dan perbukuan, KKG ingin turut serta membantu masyarakat Indonesia mendapat informasi melalui buku dengan cara mempermudah akses terhadap buku melalui KGF.

Diakui Wandi, jumlah judul buku yang dihasilkan penerbit buku di Indonesia masih relatif minim dibanding jumlah penduduk Indonesia. Saat ini paling tidak ada sekitar 20 ribu judul buku/tahun, dimana sekitar 6.400 judul buku merupakan buku yang diterbitkan KKG. Dari masing-masing judul rata-rata dicetak sekitar 1.500-3.000 buku, kecuali buku-buku best seller yang dicetak beberapa kali.

Sesuai dengan tema KGF The Power of Book (Kekuatan Buku), KKG menyadari bahwa buku bisa menjadi wadah untuk mencurahkan pengalaman dan ilmu dari seorang penulis kepada pembacanya untuk memberikan inspirasi, semangat serta motivasi semua kalangan di Indonesia. Dalam acara pembukaan (29/2) juga diadakan acara peluncuran dan diskusi buku Dua Tangis dan Ribuan Tawa, Ganti Hati dan Tantangan Jadi Menteri karya Dahlan Iskan (Menteri BUMN).

Selain itu, KGF menyuguhkan berbagai berbagai hiburan seperti cheerleader dan shuffle dance competition, penampilan Dik Doank Percussion yang akan membawakan lagu-lagu dari Jawa Timur, Jamica Café hingga meet and greet pendukung film yang berasal dari buku `Negeri 5 Menara’. Berbagai lomba pun digelar untuk menambah makin maraknya KGF seperti lomba paduan suara anak, lomba robotic, lomba komputer, kumpul komunitas komik Jepang dan lain-lain.

 

Tags:

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Tingkat Kebahagiaan Bisa Diukur dari Ponsel

Bagi orang Indonesia, ponsel atau telepon genggam bukan lagi dipandang sebagai kebutuhan sekunder tapi sudah bermigrasi ke kebutuhan primer. Tak...

Close