Marketing Strategy

Pick Up Carry Dongkrak Penjualan Suzuki Tahun 2014

Pick Up Carry Dongkrak Penjualan Suzuki Tahun 2014

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) semakin memantapkan tren positif penjualan produk – produknya. Setelah sebelumnya sukses menduduki peringkat ketiga pangsa pasar nasional di tahun 2013 dengan market share sebesar 13,1%, SIS mempertahankan posisinya di peringkat ketiga di tahun 2014, kali ini dengan pertumbuhan pangsa pasar sebesar 0.3%.

suzuki

Sepanjang Januari hingga Desember 2014, Suzuki berhasil mencatatkan penjualan 160.490 unit. Angka ini naik 0,3% dibandingkan pencapaian tahun lalu sebesar 159.787 unit. Dengan kenaikan tersebut, SIS berhasil menguasai 13,4% pangsa pasar otomotif nasional, sekaligus membawa brand dengan logo ‘S’ ini berada di urutan ketiga industri otomotif nasional dua kali berturut – turut.

Pencapaian tersebut merupakan prestasi positif di tengah ketatnya industri otomotif sepanjang tahun 2014. Dengan keberhasilan tersebut, Suzuki berhasil mencatatkan rata – rata penjualan sebanyak 13.374 unit per bulan.

“Pick Up menjadi penyumbang penjualan terbesar sepanjang tahun 2014. Carry 1.5 dan Mega Carry sebagai andalan Suzuki di segmen kendaraan komersialnya ini berhasil terjual sebanyak 72.200 unit,” tutur Davy J Tulian, Deputy Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales.

Dengan catatan penjualan tersebut, produk Pick Up Suzuki berhasil mempertahankan dominasi di segmen Low Pick Up dengan penguasaan pasar sebesar 45,86%. Angka tersebut berkontribusi sebesar 45% pada total penjualan retail Suzuki sepanjang tahun 2014.

Ertiga menyusul di peringkat kedua sebagai produk dengan kontribusi penjualan terbesar untuk Suzuki. Sepanjang tahun 2014, Ertiga meraih total penjualan sebanyak 48.016 unit. Penjualan tersebut berkontribusi sebesar 30% dari total penjualan. Keberhasilan tersebut sejalan dengan beragam penghargaan yang diraih Ertiga sepanjang tahun 2014.

Beberapa penghargaan yang diraih Ertiga di antaranya meliputi “Car of The Year 2014” dan “Value for Money Car of The Year 2014” dari Frost & Sullivan Indonesia Excellence Awards, “Pariwara Mitra Keluarga Award 2014” dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), “Best Resale Value” dari Indonesia Car Lifestyle Award (ICLA) 2014, serta Best Small MPV” dari Indonesia Car of The Year (ICOTY) 2014, penghargaan ketiga berturut – turut yang diperoleh sejak kehadiran pertama kali Ertiga pada tahun 2012.

Karimun Wagon R berada di tempat selanjutnya dengan kontribusi penjualan 10% dengan total penjualan 16.479 unit secara retail sales di tahun 2014. Dengan penjualan tersebut, Karimun Wagon R mencatatkan kenaikan penjualan sangat signifikan yakni sebesar 377% dibanding tahun 2013 sebesar 3.456 unit. Menyusul di tempat keempat, APV dengan kontribusi penjualan total sebanyak 11.285 unit, dengan memberikan kontribusi penjualan 7% pada penjualan retail Suzuki pada tahun 2014.

Setelah APV, urutan berikutnya diikuti oleh Swift, Splash dan Grand Vitara. Swift mencatatkan penjualan total 3.389 unit. Disusul oleh Splash yang berhasil terjual sebanyak 3.010 unit. Di posisi selanjutnya, Grand Vitara mencatatkan penjualan 747 unit sepanjang tahun 2014.

“Di tengah berbagi tantangan yang muncul sepanjang tahun 2014, Suzuki berhasil mempertahankan prestasi penjualan di tahun sebelumnya. Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan para konsumen setia Suzuki terhadap produk –produk unggulan Suzuki. Keberhasilan ini tentunya akan menambah motivasi kami untuk lebih meningkatkan kualitas dan pelayanan di tahun 2015 ini,” ungkap Davy. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved