Marketing

Tri Dukung Bisnis Karya Anak Bangsa

Tri Dukung Bisnis Karya Anak Bangsa

Tersedianya berbagai teknologi yang dapat digunakan sebagai sarana pendukung, memudahkan generasi muda saat ini untuk membesut bisnisnya. Seperti teknologi digital, mempermudah berjejaring dan melakukan pemasaran, hingga seharusnya tidak ada lagi halangan untuk memulai usaha sendiri.

Tetapi nyatanya hal ini belum cukup kuat mendorong para generasi muda dalam negeri untuk berwirausaha. Bahkan data pemerintah tahun 2016 menunjukkan bahwa dari total jumlah penduduk 250 juta jiwa, jumlah wirausahawan di Indonesia belum mencapai target idealnya sebesar 2%. Hal ini tentu membuat kita bertanya-tanya, apakah yang ditakuti dan menjadi kendala bagi generasi muda untuk memulai bisnis sendiri.

papatea

Tri Indonesia telah sukses menggelar Roadshow Festival #Ambisiku di tiga kota kreatif di Indonesia, yaitu Yogyakarta, Makassar, dan Bandung pada 16 September hingga 9 Oktober 2016. Acara ini menjadi tempat di mana berbagai ambisi anak muda dipertunjukkan, baik lewat talkshow dan workshop yang melibatkan banyak profesional muda yang telah sukses di berbagai bidang. Lalu ada panggung musik dan seni oleh artis lokal maupun nasional, serta bazar yang diisi oleh 150 merek lokal yang dimiliki oleh wirausahawan muda dari berbagai daerah dengan berbagai produk inovatif yang menarik.

Dari tiga kota diselenggarakannya gelaran ini, Tri memperkenalkan tiga merek lokal paling favorit pilihan pengunjung yang hadir maupun yang memilih melalui media sosial. Para merek lokal favorit ini berkesempatan untuk dipromosikan di media promo luar ruang Tri di kota asal mereka.

“Kami sangat bangga bisa menampilkan karya para anak muda kreatif Indonesia dalam parade #Ambisiku. Merek lokal terbukti tidak kalah dengan merek global,” kata Dolly Susanto, Chief Commercial Officer Tri Indonesia.

Sebagian besar dari mereka memaksimalkan pengembangan material maupun ciri khas lokal dengan menggabungkan desain dan fungsi yang sifatnya kekinian. Dengan pemasaran yang memanfaatkan kekuatan internet, produk-produk tersebut dapat diterima dengan baik oleh generasi muda Indonesia karena mampu menyesuaikan dengan selera mereka.

Mekanisme pemilihan merek favorit dilakukan melalui vote di Facebook Tri Indonesia, dan vote dari para pengunjung saat Parade #Ambisiku berlangsung. Ketiga merek lokal favorit tersebut adalah Papa.Tea dari Makassar, UniKraf dari Yogyakarta, dan NZStrap dari Bandung. Diharapkan ketiga bisnis anak muda tersebut bisa sukses dan menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Dede Suryadi

Twitter & IG : @ddsuryadi


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved