Business Research Trends

Mengapa Kamis Jadi Hari Favorit Cari Rumah?

Mengapa Kamis Jadi Hari Favorit Cari Rumah?

Apa hubungannya hari Kamis dan pencarian rumah? Ternyata, karakter konsumen properti di Indonesia itu, lebih suka memilih Kamis sebagai hari terbaik dalam melakukan pencarian rumah. Apakah itu berdasarkan primbon Jawa, fengshui atau wangsit? Fakta ini mengacu pada analisis trafik Rumah.com yang memiliki lebih dari 350.000 listing properti dan 15 juta pageviews setiap bulan selama semester pertama 2016.

Dalam website Rumah.com, para pencari hunian menjelajahi iklan perumahan baru, rumah dijual, apartemen dijual hingga disewa melalui desktop dan mobile.

Bagi developer dan agen properti, informasi ini dapat menggambarkan perilaku konsumen properti di Indonesia untuk mendukung strategi pemasaran, sehingga pencari properti dapat menemukan hunian idaman secara tepat dan mudah.

Rumah.com

Analisis Rumah.com juga mencatat Selasa dan Senin sebagai hari paling favorit kedua dan ketiga bagi konsumen properti untuk mencari hunian secara online.

Hari apa yang tidak menjadi favorit? Sabtu dan Minggu ternyata lebih rendah daripada hari-hari lain. Meski demikian, hal ini bukan berarti pencari properti tidak sibuk mencari rumah di akhir pekan.

“Hari Sabtu dan Minggu umumnya dimanfaatkan oleh para pencari properti untuk melakukan survei atau kunjungan ke lokasi properti. Dan Kamis adalah hari favorit mereka untuk mencari hunian yang tepat sesuai pilihan lokasi dan kemampuan bujet,” kata Wasudewan, Country Manager Rumah.com dalam rilis surveinya. Kamis betul-betul dimanfaaatkan untuk mencari informasi selengkap-lengkapnya tentang hunian yang dibidik, termasuk menghubungi agen atau developer, dan dilanjutkan dengan kunjungan untuk melihat langsung fasilitas, spesifikasi dan kondisi hunian di akhir pecan.

Hasil survei:

Senin 15,3%

Selasa 15,35%

Rabu 14,96%

Kamis 15,75%

Jumat 14,09%

Sabtu 12,14%

Minggu 12,4%

Para pencari properti aktif sejak pukul 10.00 WIB dan mencapai tingkat sangat aktif pada pukul 12.00 WIB hingga 13.00 WIB. Pada jam 14.00 WIB, pencari properti mulai lebih aktif daripada pukul 13.00 WIB dan mencapai puncak kembali pada 15.00 WIB. Namun keaktifan sejak pukul 12.00 WIB lebih tinggi daripada 15.00 WIB.

Jam 10-11 5.71%

Jam 11-12 6.38%

Jam 12-13 6.49%

Jam 13-14 5.85%

Jam 14-15 6.35%

Jam 15-16 6.46%

Jam 16-17 6.15%

Jam 17-18 5.67%

Para pencari properti umumnya menjelajahi properti pilihan mereka pada jam-jam kantor, dan tertinggi pada waktu istirahat. Mungkin ini bisa menjelaskan mengapa Jumat bukan termasuk hari favorit. Sebab, mereka harus menunaikan ibadah shalat Jumat di siang hari. Sementara itu, hari abtu dan Minggu adalah waktu mereka berencana mengunjungi lokasi properti.

Bisa dimengerti hal itu terjadi, Maklum, membeli properti adalah keputusan penting dalam hidup. Karena itu, para pencari property membutuhkan waktu cukup panjang untuk menentukan keputusan terbaik. Namun, para pelaku industri properti juga harus menyadari, meski periode pengambilan keputusan relatif lama, karakter konsumen properti Indonesia saat ini sudah berubah seiring perkembangan teknologi. Mereka membutuhkan respon cepat, always on, transparan dan media-rich.

Meski konsumen aktif mencari properti melalui desktop di jam kantor, mereka juga bisa menjelajahi properti di mana saja melalui aplikasi mobile dan langsung menghubungi pemilik properti/developer/agen dengan segera. Dan tak kalah penting, para konsumen properti juga berusaha menemukan ulasan yang transparan dan obyektif agar mereka semakin yakin dalam mengambil keputusan.

Informasi berupa teks dan foto seolah tak cukup bagi mereka, karena para konsumen properti juga membutuhkan video dan tur virtual agar gambaran tentan hunian yang akan mereka beli semakin jelas.

Rumah.com juga menyadari perkembangan ini.Karena itu, pada tahun ini, kami meluncurkansolusi e-Property Track dan Virtual tour 3 dimensi, yang akan membantu developer dan agen dalam membantu konsumen menemukan hunian yang mereka idamkan. Begitu pula dengan resensi properti yang saatini sangati diandalkan oleh pencari properti di Indonesia,”ujar Wasudewan.

E-Property Track (http://www.epropertytrack.com/) merupakan solusi dari Rumah.com yang memungkinan agen dan developer property mempresentasikan proyek secara lengkap kepada konsumen melalui platform mobile. Dengan solusi ini, agen dan staf pemasaran developer juga dapat langsung melihat unit yang tersedia secara real-time. Dan Virtual tour 3D akan memungkinkan konsumen menjelajahi seluruh sudut hunian secara detail, sehingga dapat merasakan pengalaman secara langsung memasuki seluruh ruangan. Sebagai inovasi terbaru dalam dunia properti di Indonesia, Virtual tour 3D dapat dirasakan oleh para pencari properti pada Agustus 2016.(EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved