Marketing Trends

Penjualan Lexus Naik Dua Kali Lipat di Tengah Resesi

Penjualan Lexus Naik Dua Kali Lipat di Tengah Resesi

Pelemahan ekonomi Tanah Air memang berpengaruh pada kinerja penjualan mobil baru. Tak terkecuali di segmen mobil premium. Jika dibanding tahun 2015, penjualan 8 merek premium periode Januari-Oktober 2016, turun 4,26%.

Uniknya, di tengah penurunan penjualan mobil premium, merek Lexus justru berjaya dengan mencatatkan kenaikan penjualan yang signifikan. Adrian Tirtadjaja, General Manager Lexus Indonesia, mengatakan sepanjang Januari-Oktober 2016 Lexus berhasil menjual 927 unit mobil. Angka ini lebih dari dua kali lipat dibanding penjualan Januari-Oktober 2015 (401 unit). “Perlambatan ekonomi tidak berpengaruh pada penjualan kami,” ungkapnya.

Ardian Tirtadjaja, GM Lexus Indonesia

Ardian Tirtadjaja, GM Lexus Indonesia

Sejauh ini, model sport utility vehicle (SUV) Lexus menjadi model yang paling digemari pasar Indonesia. Tiga tipe SUV Lexus, yaitu LX, NX dan RX menjadi mobil paling laris manis. Penjualan masing-masing, yakni: 137 unit LX, 177 unit NX, dan 559 unit RX. “Pangsa pasar kami di SUV sudah lebih dari 35%,” Adrian mengklaim.

Menurut Adrian, hampir semua konglomerat menggunakan Lexus sebagai kendaraan pribadinya, karena mencerminkan prestise. Begitu pula dengan politisi terkemuka seperti Megawati dan Prabowo Subianto.

Dalam melakukan pendekatan ke pelanggan, disebutkan Adrian, Lexus selalu berusaha membuat konsumen senang dengan pengalaman yang diberikan, mulai dari proses pembelian hingga pascapembelian. Ia mencontohkan, Lexus bahkan pernah mendatangi rumah salah seorang pemilik Lexus, Paulus Bambang (ketika itu Direktur PT United Tractors), dalam kondisi banjir, hanya untuk membawakan empat boks Pizza Hut. “Prinsip kami, bukan bagaimana cara menjual mobil lebih banyak, tetapi bagaimana membuat konsumen suka dengan pengalaman yang kami berikan,” ungkapnya.

Berdasarkan data Gaikindo, saat ini Mercedes-Benz masih mencatatkan pangsa pasar terbesar secara total untuk kategori mobil mewah. Volume penjualan meningkat dari 3.302 unit (Januari-Oktober 2015) menjadi 3.363 unit pada periode yang sama 2016. Membuntuti Mercy, bertengger di posisi kedua yaitu BMW, dengan pangsa pasar 30,05%. BMW berhasil mencapai angka penjualan 1.960 unit, atau turun 27,41% dibanding 2015. Adapun Lexus berhasil menaikkan pangsa pasarnya sebesar 6,75% menjadi 14,73%. (Riset: Hana Bilqisthi)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved