Marketing Trends

Strategi Dua Kaki Mitsubishi Menggarap Segmen Penumpang dan Niaga

Strategi Dua Kaki Mitsubishi Menggarap Segmen Penumpang dan Niaga

Sebagai produsen otomotif yang bermain di dua segmen yang berbeda, mobil niaga dan penumpang, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motor (KTB) sadar betul tidak bisa menggabungkan begitu saja strategi penjualan keduanya. Karena itu, produsen berlambang berlian itu pun menggarap dua strategi yang berbeda untuk produk-produk unggulannya: Colt Diesel di ranah kendaraan niaga dan All New Pajero Sport di segmen penumpang.

Di segmen kendaraan jenis light duty truck, seri Colt Diesel terjual hingga 21.215 unit sepanjang Januari-September 2016, atau menyumbang 91,73% dari total penjualan truk dan bus Mitsubishi yang sebesar 23.127 unit pada periode yang sama. Jelas, Colt Diesel merupakan kontributor utama di segmen niaga Mitsubishi.

Kramayudha

Imam Choeru Cahya, Group Head Mitsubishi Motors Corporation (MMC) Sales Group & Marketing Division PT Kramayudha Tiga Berlian

Meski demikian, tentu saja pencapaian tersebut tidak tercipta dengan sendirinya. Sudaryanto, Head of MFTBC PR dan Promotion Department KTB, memaparkan sejumlah jurus perusahaannya dalam melaju di segmen niaga.

KTB mengusung strategi tiga pilar layanan demi menggenjot penjualan kendaraaan niaga. Pilar pertama, Zero Down Time. Layanan ini berupaya memaksimalisasi waktu operasional kendaraan niaga pelanggannya dengan layanan servis kendaraan 24 jam selama setahun penuh. Pilar kedua, Best Life Cycle Value, yakni menyediakan jajaran produk yang andal dan lengkap dengan karoseri terbaik dan melayani konsumen dari saat pembelian, masa operasional hingga layanan pascajual. Pilar ketiga, layanan Customer’s Business Consultant, yang membekali konsumen dengan berbagai program pelatihan bagi mekanis dan pengemudi truk Mitsubishi.

Sudaryanto memaparkan, berbagai strategi tersebut diluncurkan demi memperkuat keunggulan jajaran produk Mitsubishi. Secara garis besar, ia mengklaim, ada tiga keunggulan kendaraan Mitsubishi. Pertama, andal dan tangguh, yang dibuktikan dengan prestasinya memimpin pasar kendaraan niaga selama 46 tahun berturut-turut. Kedua, perawatan mudah dan murah, dengan 225 jaringan dealer, 12 pusat truk 24 jam, 19 depo suku cadang, 106 Mobile Workshop Service, lebih dari 4.700 gerai suku cadang, dan sebagainya.

Ketiga, biaya operasional rendah, dengan interval penggantian suku cadang yang lebih lama. Terakhir, menurut Sudaryanto, Mitsubishi menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraannya dengan struktur bodi yang kokoh, side impact indoor beam untuk risiko benturan samping, tilt dan telescopic steering, dll. “Saat ini kami sedang mengejar target penjualan satu juta unit untuk produk Colt Diesel, yang masuk kelas light duty truck, sehingga akan menjadi populasi terbesar kendaraan niaga di Indonesia. Brand Mitsubishi sudah berada pada tahap top of mind di masyarakat ketika bicara mengenai truk,” Sudaryanto menegaskan.

Beralih ke segmen kendaraan penumpang, Mitsubishi All New Pajero Sport yang bertipe Mid SUV 4×4 sukses menduduki posisi jawara di kelasnya dengan pangsa pasar 66,8% dan penjualan total 1.684 unit. Sementara di segmen Mid SUV 4X2 Pajero Sport sukses menggondol pangsa 32,1% dengan total penjualan 14.529 unit. “Rata-rata penjualan Pajero Sport tahun lalu sekitar 1.000 unit per bulan dengan total penjualan 11.177 unit. Tetapi dengan adanya All New Pajero Sport yang diluncurkan awal 2016, rata-rata penjualan bisa mencapai lebih dari 1.500 unit per bulan,” kata Imam Choeru Cahya, Group Head Mitsubishi Motors Corporation (MMC) Sales Group & Marketing Division PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) yang diwawancara dalam kesempatan terpisah.

Jika ditotal, penjualan mobil penumpang Mitsubishi dengan merek Pajero Sport, Mirage, Delica, Outlander Sport dan Triton pada Januari-Oktober 2016 mencapai 35.530 unit dengan pangsa pasar 26,8%. Kontributor terbesar tetap disumbang oleh Pajero Sport.

Imam menuturkan, jika dilihat latar belakangnya, citra Pajero Sport sebagai mobil tangguh sudah kuat mengakar. Ditambah pada awal tahun ini Mitsubishi melakukan pembaruan besar yang menyentuh aspek eksterior dan interiornya yang menonjolkan aspek kenyamanan, tampilan serta kekuatan mesinnya. “All New Pajero Sport adalah mobil SUV tetapi dengan taste MPV, sehingga seperti passanger car tetapi dengan kekuatan SUV,” katanya.

Lebih lanjut Imam mengungkapkan, strategi Mitsubishi menggadang Pajero Sport bukan lagi dengan diskon, tetapi dengan mengomunikasikan keunggulan produk dan aktivitas strategi promosi, baik above the line maupun below the line. KTB juga rutin menyelenggarakan berbagai aktivitas seperti test drive dan touring. KTB pun menggaet berbagai komunitas Pajero Sport karena merekalah yang aktif menyebarkan informasi dan bertindak sebagai agen promosi getok tular. Saat ini ada tiga komunitas yang resmi terdaftar di KTB, yaitu Pajero Owners Community, Pajero Sport Family dan Pajero Indonesia One. “Setiap komunitas memiliki ribuan anggota. Fokus pada tiga komunitas besar ini agar kami bisa in-line dan bersinergi dengan mereka,” kata Imam.(*)

Baca juga:

Penjualan Mitsubishi Fuso Naik Tiga Kali LipatStrategi Mitsubishi Dongkrak Penjualan Pajero Sport

© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved