Technology

Bolalob Kembangkan Futsal di Indonesia Melalui Platform Mobile

Bolalob Kembangkan Futsal di Indonesia Melalui Platform Mobile

Melihat besarnya peluang pertumbuhan futsal di Indonesia, Bolalob.com hadir sebagai portal media komunitas yang membahas segala hal yang berhubungan dengan futsal. Berada di bawah manajemen PT Global Visi Media, salah satu perusahaan dari GDP Venture, Bolalob.com telah terbentuk sejak tahun 2012 dan terus berkembang seiring dengan perkembangan olahraga futsal di Indonesia.

Audry Sianturi, VP Community Bolalob.com (kedua dari kanan) bersama dengan Ardiansyah Runtuboy, pemain Black Steel Manokwari Papua Barat, Bayu Aditya, pemain Bintang Timur Surabaya, Fithri Syamsu, pemain Club Arena, dan Sayan Karmadi, pelatih Black Steel dan mantan kapten tim nasional futsal Indonesia.

Audry Sianturi, VP Community Bolalob.com (kedua dari kanan) bersama dengan Ardiansyah Runtuboy, pemain Black Steel Manokwari Papua Barat, Bayu Aditya, pemain Bintang Timur Surabaya, Fithri Syamsu, pemain Club Arena, dan Sayan Karmadi, pelatih Black Steel dan mantan kapten tim nasional futsal Indonesia.

Audry Sianturi, VP Community Bolalob.com, mengklaim bahwa situs ini telah mencapai 3,3 juta pageviews dan dikunjungi lebih dari 547 ribu user setiap bulannya. Saat ini pengguna yang mengakses Bolalob.com di Indonesia paling banyak berasal dari 5 kota yaitu Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung, dan Makassar.

“Futsal telah menjadi olahraga sekaligus lifestyle bagi masyarakat Indonesia. Keberadaan Bolalob.com diharapkan dapat berperan untuk membesarkan industri futsal serta menjadi forum futsal di Indonesia,” ujar pria yang akrab disapa Ijod di Jakarta, (19/5).

Sebagai respons atas 81% penggunanya yang mengakses melalui perangkat mobile, Bolalob.com menghadirkan Bolalob 2.0 untuk mempermudah para pengguna dalam mengakses melalui smartphone. Selain itu dalam waktu dekat, Bolalob.com juga menghadirkan aplikasi yang memungkinkan penggunanya bisa berinteraksi dengan para pemain futsal profesional di Indonesia.

Dari segi konten, 90 persen merupakan konten futsal nasional dan sebagian kecil membahas sepak bola. Menurut Audry hal ini dikarenakan para penggemar futsal juga memiliki minat yang sama terhadap sepak bola. Adapun monetisasi yang dilakukan Bolalob.com berasal dari iklan yang dalam bentuk content marketing dan content creation dengan target audiens yang berumur 18-25 tahun.

“Kedekatan kami dengan komunitas futsal juga merupakan nilai tambah sehingga kami dapat menghadirkan konten yang terbaru, orisinil, dan akurat bagi para pembaca. Fitur yang lebih personalized seperti Just For You juga diharapkan dapat semakin memudahkan pengguna karena konten yang dihadirkan sesuai dengan topik yang mereka sukai,” tambah Audry.

Kedekatan dengan komunitas futsal di Indonesia membuat Bolalob.com juga menjalankan fungsi sebagai hub bagi komunitas futsal di Indonesia. Hingga saat ini sebanyak 16 klub futsal di seluruh Indonesia telah menjadi mitra dari Bolalob.com. Tidak hanya itu, Bolalob.com juga aktif melaksanakan community gathering yang diadakan setiap satu minggu sekali.

“Dengan dukungan Bolalob.com melalui platform digital bagi olahraga futsal di Indonesia, kami harap bisa membangun awareness pemerintah dan juga pihak-pihak terkait yang bisa terus mendukung serta mengembangkan potensi futsal anak muda yang tersebar di seluruh Indonesia. Karena menurut kami, futsal merupakan bentuk kegiatan yang positif dan telah menjadi bagian hidup anak muda Indonesia. Saat ini memang kami baru meluncurkan mobile apps versi beta terbatas untuk pengguna Android, tetapi dalam waktu dekat kami juga akan meluncurkan untuk sistem operasi lainnya,” jelas Audry. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved