Technology

Gaya Hidup Sehat Ala Jagapati.com

Gaya Hidup Sehat Ala Jagapati.com

Kesadaran masyarakat akan hidup sehat semakin terasa. Gaya hidup sehat ini sudah mereka mulai dengan olahraga hingga mengonsumsi makanan hingga produk kecantikan yang sehat. Hal ini membuat industri kesehatan berkembang di Indonesia. Peluang ini juga dibidik oleh PT Inovasi Solusi Digital, anak perusahaan Amerindo atau sister company PT Topindo Atlas Asia tersebut membuat platform e-commerce bernama Jagapati.com.

Ide besar dimulai di tahun 2015. “Kenapa kami memilih hanya menjual produk kesehatan? Menurut saya e-commerce harus memiliki needs. Kami memilih bermain di vertikal. Tidak menjual semua barang seperti e-commerce lain, karena sudah terlalu umum. Ibaratnya kami memberikan jasa preventif kesehatan,” ungkap Donny Wu, CEO Jagapati PT Inovasi Solusi Digital.

Donny Wu, CEO Jagapati PT Inovasi Solusi Digital

Donny Wu, CEO Jagapati PT Inovasi Solusi Digital

Perusahaan ingin membuat platform yang tidak sekedar menyediakan produk kesehatan tetapi juga dilengkapi dengan artikel—yang berisi tips dan informasi mengenai kesehatan—ditulis dengan bahasa yang menarik dan mudah dipahami. Tujuannya ialah ingin mengedukasi konsumen sehingga konsumen mengetahui produk apa yang mereka butuhkan untuk masalah kesehatan tertentu yang mereka alami. Tema artikel di update setiap minggu menyesuaikan dengan tren kesehatan yang ada, di mana tim PR, apoteker perusahaan, dokter dan praktisi kesehatan menjadi pengisi kontennya.

Untuk menyediakan produk kesehatan yang akan dijual, e-commerce yang mengadakan grand launching pada November 2016 ini mendapatkan supplai barang dari principals, di mana principals mengimpor produk dari luar. Selain itu, juga menggaet UMKM lokal baik yang sudah memiliki izin dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan), P-IRT (Pangan Industri Rumah Tangga), dan Dinkes (Dinas Kesehatan).

Adapula UMKM yang masih dalam proses memiliki perizinan. Hal ini dilakukan agar produk yang dijual terjamin dalam hal mutu dan keamanannya. Untuk itu, Jagapati membantu melakukan edukasi kepada UMKM, baik melalui media sosial maupun bertemu langsung dengan mereka, agar UMKM meningkatkan standar mutu dan mendaftarkan produknya ke lembaga tersebut, sehingga konsumen pun semakin percaya.

Beberapa produk yang dijual seperti vitamin dan suplemen, alat kontrasepsi, suplemen fitness, perlengkapan kesehatan, produk kecantikan dll. Saat ini sudah 62 brand yang terdaftar dan tertera di website, seperti Celebon, SK7, Bianco, Frezza, Sugalife, Derma E, dan masih banyak lagi. Ia mengaku sejauh ini produk dari luar negeri masih mendominasi, di mana vitamin suplemen sebanyak 40 persen, sedangkan produk dari pasar lokal mayoritas berupa makanan sehat.

Pemesanan produk dapat dilakukan melalui website oleh member dan non member. Untuk mempermudah mencari tahu produk apa yang mereka butuhkan—mencari by artikel, memasukkan nama penyakit (misalnya jerawat) ataupun langsung mengetikkan nama produk (jika sudah mengetahui nama produk).

Pengembangan pun terus dilakukan. Tidak hanya melakukan pemasaran melalui iklan dan sosial media, perusahaan aktif membangun kerja sama dengan berbagai komunitas kesehatan, dokter, dan praktisi kesehatan. Selain itu, juga melakukan referral program. Perusahaan akan membawa pembeli baru, lalu jika pembeli A bisa mengajak pembeli lain untuk bergabung, maka pembeli A akan mendapat cashback sebesar 10 persen selama setahun.

“Saat ini konsumen masih tahap awareness. Nantinya kami tidak hanya menjual produk, tetapi juga servis, misalnya klinik kecantikan. Akan ada dokter kecantikan yang menulis artikel dan kami juga memberikan voucher kepada konsumen. Saat ini masih proses, untuk voucher kira-kira akan rilis Januari 2017,” katanya.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved