Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital Picu Geliat Coworking Space

Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital sejak pertengahan tahun 2016 di 10 kota, termasuk Kota Malang, telah memberikan banyak perubahan besar bagi penguatan ekosistem startup digital lokal. Pelaku dunia startup digital, berbagai komunitas, media, akademisi, hingga pemerintahan di kota Malang bisa bahu-membahu dalam menggerakkan perkembangan kewirausahaan digital berbasis persoalan sosial yang menjadi tujuan utama gerakan tersebut.

Salah satu perubahan yang terpenting adalah mulai banyak bermunculan coworking space di Kota Apel ini. Dalam dunia startup, coworking space merupakan istilah yang sangat umum digunakan ketika berbicara mengenai tempat bekerja bagi para pelaku startup. Coworking space merupakan sebuah ruang bersama yang digunakan untuk melakukan pekerjaan.

Ngalup.co dan Ruang Perintis menjadi dua dari coworking space yang kini eksis di Malang. Dengan hadirnya Ngalup.co dan Ruang Perintis diharapkan dapat menumbuhkan antusiasme anak muda Malang untuk membangun startup dan menjadi bagian dari perubahan digital ekonomi di Indonesia.

Brillyanes Sanawiri, salah satu pembicara acara Ignition kedua di Malang, mengatakan, Coworking space memiliki peran penting dalam memfasilitasi terciptanya ekosistem startup digital yang kuat. “Di tempat ini, komunitas di industri startup digital dapat saling berbagi gagasan, mendapatkan mentor, belajar bersama sambil saling bertukar pengalaman, menggali bersama lahirnya inovasi-inovasi di bidang startup digital maupun di bidang non-tech, hingga memperluas jejaring yang semuanya sangat bermanfaat untuk mengembangkan startup yang telah dan akan dibangun oleh startup founder,” ujar Brillyanes Sanawiri, yang juga pendiri Ruang Perintiscoworking space di Malang.

Menurutnya, meski kini banyak bermunculan coworking space yang menawarkan fasilitas untuk para perusahaan rintisan atau startup bekerja, namun hal itu tidak menjadikan antar coworking space terjebak dalam kejenuhan persaingan. Justru, kehadiran beragam coworking space di Malang  akan semakin memperkaya ruang bagi pelaku industri startup digital maupun calon founder untuk memiliki semakin banyak fasilitas incubator serta terselenggaranya program-program yang mampu mengakselerasi penguatan ekosistem startup digital di kota ini.

Peran coworking space dalam mendukung penguatan ekosistem startup digital ini, mendorong Gerakan Nasional 1000 Startup Digital menjadikannya sebagai salah satu topik bahasan yang disampaikan di tahap Ignition kedua yang diselenggarakan di Gedung Pascarsarjana Universitas Islam Maulana Maliki Negeri Malang, Sabtu (11/2).

Diharapkan, topik Coworking Space and The Future of Working yang disampaikan oleh Brillyanes dapat memberikan wawasan baru bagi calon startup founder dalam mengembangkan kapasistasnya, tidak saja sebagai bagian dari ekosistem startup digital,namun juga sebagai  bagian dari ekosistem perekonomian digital Indonesia.

Selain Ruang Perintis, coworking space baru yang juga hadir di Malang adalah Ngalup.co yang didirikan oleh BEON Intermedia Group. Naglup.co merupakan coworking space yang mengusung nilai kolaborasi untuk melahirkan ide-ide kreatif dan solutif dalam memecahkan masalah di Malang.

“Ngalup.co adalah sebuah tempat untuk memulai sesuatu yang besar. Kehadiran Ngalup.com diharapkan dapat menumbuhkan ekosistem bisnis kreatif dan bisnis digital di Malang. Kami menjadi pusat untuk mengembangkan ide-ide brilian bagi anak muda Malang agar dapat menimbulkan kolaborasi, networking, dan talent pool yg terpusat di Ngalup.co. Kenapa dinamakan Ngalup? Ngalup berarti pulang, yang artinya mengajak pulang para orang hebat dari Malang untuk Ngalup ke Malang dan bersama-sama membesarkan Malang,” ujar Danton Prabawanto, CEO BEON Intermedia Group.

 

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
2017, Menteri Arief Fokus Go Digital

Pemerintah berambisi mendatangkan 15 juta wisatawan mancanegara pada tahun ini. Sementara, angka pergerakan wisatawan nusantara diprediksi tak kurang dari 265...

Close