Kurio Perkuat Ekspansi dengan Dukungan GDP Venture dan Gunosy | SWA.co.id

Kurio Perkuat Ekspansi dengan Dukungan GDP Venture dan Gunosy

Berada di bawah naungan Merah Cipta Media (MCM), salah satu perusahaan dari GDP Venture, Kurio sebagai aplikasi berita di Indonesia berusaha untuk terus mengembangkan produk dan teknologi serta memperluas jangkauan penggunanya di tengah pertumbuhan pesat pengguna mobile di Indonesia. Salah satu langkah yang diambil untuk mendukung hal tersebut adalah dengan melaksanakan kerja sama investasi seri B dengan Gunosy, perusahaan aplikasi berita terpopuler di Jepang sebesar US$ 5 juta.

kurio

“Kami  terbuka dan mendukung investasi kerja sama yang diberikan oleh Gunosy kepada Kurio. Investasi yang diberikan oleh Gunosy akan membantu Kurio untuk menjangkau pasar secara lebih luas.” ujar Antonny Liem, CEO Merah Cipta Media.

Gunosy merupakan perusahaan aplikasi berita terpopuler di Jepang yang telah melaksanakan IPO melalui Tokyo Stock Exchange di Jepang pada tahun 2015 dengan total lebih dari 13 juta unduhan. Investasi ini juga didukung oleh kesamaan nilai yang ditanamkan, visi, filosofi serta budaya antara dengan pendiri serta pemegang saham Gunosy, hal ini meyakinkan Gunosy untuk bekerja sama dengan Kurio dalam menguatkan bisnis di Indonesia.

Antonny mengatakan bahwa pengalaman Gunosy dalam melaksanakan IPO juga menjadi salah satu nilai tambah yang didapatkan oleh Kurio dari kerja sama ini. “Ditambah dengan dukungan akselerasi secara terus menerus dari MCM sebagai pemain lokal yang memahami pasar Indonesia dan memiliki jangkauan yang luas ke partner, akan terus mendukung perkembangan Kurio untuk menjadi salah satu aplikasi berita terdepan di Indonesia sehingga harapan kami dalam jangka waktu empat tahun kedepan Kurio juga dapat melaksanakan IPO,” ujarnya.

Sejak diluncurkan pada tahun 2014 dengan tagline “Knowledge is Power”, Kurio memposisikan diri sebagai platform bagi publisher online untuk memperluas penyebaran konten dan mendapatkan pembaca yang lebih banyak melalui aplikasi Kurio. Hingga saat ini, Kurio telah bekerja sama dengan  200 publisher online ternama di Indonesia untuk menghadirkan konten yang terpercaya dan kedepannya akan bekerja sama di sisi bisnis, seperti memberikan keuntungan kepada publisher melalui revenue sharing model.

David Wayne Ika, Founder dan CEO Kurio, menjelaskan, “GDP Venture dan MCM memberikan kebebasan kepada kami untuk berkarya, menuangkan aspirasi, hingga mencari peluang kerja sama dengan investor lain untuk memajukan bisnis kami. Saat mengeksplor kerja sama dengan Gunosy, keduanya sangat suportif membantu kami pada saat proses due diligence, fund raising hingga berhadapan dengan investor. Gunosy juga yakin dan nyaman untuk berinvestasi dengan Kurio juga karena melihat kami sebagai startup yang kredibel dan bagian dari GDP Venture serta MCM.”

“Dukungan Gunosy melalui big data, teknologi machine learning dan metrik data driven hingga pengalamannya dalam IPO ditambah dengan peran besar GDP Venture serta MCM dalam hal knowledge, training, operasional hingga  network ke industri terkait akan sangat membantu kami untuk meningkatkan pengembangan produk juga strategi untuk mendorong pasar pengguna aplikasi kami. Kami harapkan bisa secara terus menerus menghadirkan pengalaman membaca berita yang terbaik bagi pengguna.”

Sebelumnya, Kurio yang telah memiliki lebih dari setengah juta pengguna ini telah menerima investasi seri A dari CyberAgent Venture yang difokuskan untuk pengembangan produk. Ketersedian versi terbaru Kurio ini dapat diunduh di Google Play & App Store. (EVA)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Ekshibisi Farmasi CPhI SEA 2016 Memperluas Lingkup Pameran

PT UBM Pameran Niaga Indonesia kembali menyelenggarakan pameran niaga untuk industri farmasi: Convention on Pharmaceutical Ingredients South East Asia (CPhI...

Close