SML Perkuat Komunitas Digital di BSD City

Guna memperkuat komunitas digital, Sinar Mas Land (SML) meresmikan kehadiran Purwadhika Startup & Coding School di BSD City di GOP 9, BSD Green Office Park. Purwadhika Startup & Coding School adalah institusi pendidikan yang menawarkan beragam program pendidikan dan pengetahuan tentang dunia teknologi informasi (TI), khususnya Startup dan keahlian Coding.

“Hadirnya Purwadhika di BSD City menjadi sarana baru bagi para peminat teknologi yang ingin belajar dan mengetahui lebih banyak tentang dunia TI, khususnya bidang - bidang Startup dan Coding. Selain itu, Purwadhika juga menjadi elemen baru yang akan memperkuat posisi BSD City dalam bertransformasi menjadi “The First Integrated Smart Digital City” di Indonesia,” jelas Dhony Rahajoe, Managing Director President Office Sinar Mas Land.

Dhony percaya bahwa Purwadhika dapat memberikan program-program pendidikan terbaik di bidang IT. Ini bisa memberikan sarana pendidikan baru bagi masyarakat yang antusias dan ingin belajar tentang segala hal yang berkaitan dengan Smart System & Smart Technology.

Sebelum Purwadhika Startup & Coding School, beberapa perusahaan di bidang teknologi, digital dan e-comme rce telah hadir memperkuat komunitas digital di BSD City khususnya komunitas Digital Hub yaitu My Republic, Huawei, Orami Bilna, SaleStock, EV Hive serta WGS Hub dan GeeksFarm.

Yang jelas, kehadiran Purwadhika Startup & Coding School, di BSD City semakin melengkapi fasilitas dan infrastruktur yang ada untuk menunjang transformasi BSD City menjadi “The First Integrated Smart Digital City” di Indonesia. Saat ini sudah didukung dengan sistem, fasilitas, serta infrastruktur teknologi dan digitaluntuk memudahkan masyarakat dalam melakukan kegiatan sehari-harinya.

Dimulai dengan penyediaan aplikasi mobile yang terintegrasi dan dapat diakses seluruh masyarakat BSD City. Aplikasi tersebut berupa e-wallet, community platform, loyalty programs, dan business performance management solutions. Diharapkan aplikasi mobile tersebut dapat memberi kemudahan informasi serta kemudahan dalam segala bentuk transaksi bagi para penghuni BSD City, mulai dari pembayaran sewa bagi para tenant, hingga melakukan pemesanan tempat di berbagai restoran yang ada di area BSD City.

Dari sisi infrastuktur, BSD City membangun sendiri jaringan fiber optic yang merupakan tulang punggung konektivitas, juga CCTV yang tersebar di sejumlah area yang dapat dipantau melalui Command center, dan tak luput menyediakan layanan free wifi di area publik. Tranformasi ini diharapkan dapat membuat kualitas hidup para penghuni BSD lebih baik. Komitmen BSD City tak hanya sebatas hal diatas, transformasi ini berlanjut dengan mengalokasikan satu kawasan untuk komunitas digital, yakni Digital Hub.

Digital Hub kawasan seluas 25,86 hektar terletak di bagian selatan Green Office Park, BSD City. Digital Hub merupakan inovasi Sinar Mas Land untuk menjawab kebutuhan masyarakat di era teknologi digital akan kawasan yang memiliki infrastruktur teknologi, fasilitas lengkap, serta berlokasi strategis dan multi akses. Kawasan ini didedikasikan sebagai ‘Silicon Valley’ Indonesia, dipersembahkan khusus untuk menunjang operasional dan aktivitas keseharian perusahaan teknologi dan digital, mulai dari start up company, technology leaders, hingga institusi pendidikan yang bergerak di bidang IT Science .

Digital Hub akan mulai konstruksi pada kwartal kedua 2017 dan menelan total biaya hingga Rp 3 triliun. Digital hub akan dilengkapi beberapa fasilitas seperti interaktif meeting room, mesin 3D printing, gaming room, VR room, segway dan fasilitas lain yang semua ini dapat digunakan bersama-sama untuk kepentingan komunitas di Digital Hub.

Menurut Dhony, untuk membangun dan mengembangkan komunitas digital di BSD City maka memerlukan talent pool. Kunci utama untuk menarik perusahaan-perusahaan besar agar tertarik berkantor di BSD City adalah dengan menyediakan banyak talenta. Disinilah kami harapkan peran dari Purwadhika. Sehingga nantinya perusahaan TI di Digital Hub tidak perlu lagi mencari sumber daya manusia dari luar, tapi sudah disediakan di di BSD City.

Selain itu, tidak tertutup kemungkinan seseorang yang memang memiliki kemampuan mumpuni tertarik untuk membuat startup. "Talent itu menjadi perusahaan kecil, kemudian diinkubasi menjadi perusahaan menengah, lalu menjadi perusahaan besar," kata Dhony.

BSD City sebagai kawasan juga merupakan tempat alternatif yang sempurna sebagai tempat berkumpulnya para pecinta tekhnologi. Untuk mengadakan pertemuan dengan jumlah kecil, The Breeze yang berkonsep “ Mall Without Wall” bisa menjadi pilihan. Sementara jika pertemuan yang membutuhkan jumlah besar, ICE yang merupakan gedung convention & exhibition terbesar di asia tenggara ini akan menjadi pilihan yang sempurna.

Kata Dhony, keuntungan membuat acara di BSD City adalah karena harga yang lebih terjangkau. Dibandingkan Jakarta, harga sewa di BSD City lebih murah. BSD City merupakan tempat yang cocok untuk para komunitas pecinta teknologi karena tempatnya nyaman.

Purwadhika Startup & Coding School

“Purwadhika memilih BSD City karena kami yakin mereka berkomitmen untuk bertransformasi menjadi smart digital city yang tentu secara fasilitas dan infrastruktur nantinya akan sangat menunjang operasional kami sehari-hari. Selain itu secara akses, BSD City juga sangat mudah dijangkau karena diapit oleh dua ruas tol yang terhubung ke tengah kota Jakarta dan Bandara Udara Soekarno-Hatta,” ujar Purwa Hartono MSCNG BSCS, Founder and President Purwadhika Startup a nd Coding School.

Purwa menjelaskan, dengan hadirnya program-program lembaga yang dipimpinnya, diharapkan nantinya akan lahir para IT entrepreneur yaitu para pelaku startup baru dari Indonesia, serta Software Developer yang dapat mendukung Startup Ecosystem di Indonesia.

Purwadhika resmi berdiri sebagai lembaga pendidikan komputer pada tanggal 9 November 1987 dengan nama Purwadhika Startup & Coding School. Purwa, dikenal Software Engineer lulusan terbaik Amerika Serikat yang memiliki passion di bidang pendidikan IT dan ingin memajukan dunia teknologi Tanah Air.

Purwadhika saat itu menawarkan program pendidikan dibidang Hardware Design, Software Design, dan Network & Communication Design untuk para insinyur muda, lembaga-lembaga pemerintahan, perusahaan nasional, internasional, dan juga kepada masyarakat luas yang ingin belajar lebih dalam tentang dunia komputer.

Pada tahun 2015, Purwadhika melahirkan program unggulan yaitu Startup Fast Track dimana program ini mempersiapkan para calon Founder Startup untuk memiliki keahlian teknikal yaitu coding. Purwadhika juga memberikan mentorship untuk mengembangkan produk dan startup mereka melalui program training dan incubation. Memasuki tahun 2017, Purwadhika melahirkan pilihan program yang lebih banyak lagi seperti Internet of Things, Job Connector dan pilihan short courses di bidang coding, business dan design. Job Connector sendiri adalah program untuk menghasilkan Software Developer yang siap disalurkan bekerja di Startup company guna mendukung ekosistem Startup di Indonesia. Sedangkan Internet of Things untuk mempersiapkan generasi muda dalam menyambut third wave technology dimana semua benda dapat terhubung dengan internet.

Melalui program pendidikan yang kini dimiliki oleh Purwadhika dan kehadiran kampus Purwadhika di BSD yaitu di kawasan Digital Hub, Purwadhika akan terus berkomitmen untuk memberikan pendidikan yang terbaik dalam mendukung pertumbuhan teknologi di Indonesia untuk menghasilkan tidak hanya para entrepreneur baru, tapi juga para profesional berkualitas.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)