Valentino Rossi, Sang Raja Medsos | SWA.co.id

Valentino Rossi, Sang Raja Medsos

Pembalap Moto GP Valentino Rossi tidak hanya pouler di sirkuit atau di dunia nyata. Sosok lajang Kelahiran Urbino, Italia 37 tahun silam, juga ngetop juga di jagad maya. Seperti diungkap VIP Social Media Observatory, pembalap yang dijuluki “The Doctor” tersebut dinobatkan sebagai raja social media atawa medsos (media sosial).

Facebook milik Rossi, tahun 2016 diikuti oleh 1,1 juta fans follower baru sehingga totalnya menjadi 13 juta follower. Urutan kedua, ditempati oleh Mario Balotelli (pemain sepakbola), Andrea Pirlo (pemain sepakbola) dan Stephan El Shaarawy (pemain sepakbola).

Di medsos lainnya, seperti Twitter, misalnya, Rossi masih terdepan juga. Tahun lalu Twitter Rossi masih sekitar 4 juta-an. Dengan tambahan follower 700 ribu orang pada 2016, total follower Rossi mencapai 4,7 juta orang. Hanya di instagram, pembalap Moto GP Tim Movistar Yamaha itu menduduki urutan ke-2, di bawah pemain sepakbola yang nyleneh, Mario Balotelli.Valentino Rossi

Pengamat otomotif Rudi Triatmono mengemukakan, media sosial sangat efektif bila digunakan dalam marketing sebuah produk. Channel Rossi (medsos) bisa dipakai untuk memasarkan produk yang tentunya bisa berdampak pada marketing, mengingat adanya pengaruh dari sang raja medsos. Demikian seperti dikutip Rudi Triatmono.info .

Pabrikan Yamaha pun tampaknya jeli menggunakan ikon Valentino Rossi untuk memasarkan produknya. Ini telah dilakukan pada produk Skutik Yamaha Nmax untuk pasar Eropa atau pun pelumas motor Yamalube. PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengekspor produk rakitannya ke beberapa negara Eropa. Ternyata produk ini cukup sukses. Selain disukai di Indonesia, NMAX juga jadi favorit dan sudah meramaikan jalanan di beberapa negara Eropa.

Motor matik besutan Yamaha itu sekarang sudah populer di 17 negara di Eropa. Namun, produk Nmax ekspor hanya dibekali mesin 125cc sedangkan di Indonesia 150cc. Yamaha NMAX rakitan Indonesia ternyata paling laris di Spanyol. Sejak dipasarkan pada Juli 2015 lalu rata-rata skutik ini laku 281 unit per bulan. Selain itu, beberapa negara lain yang sudah menggunakan Yamaha NMAX rakitan Indonesia adalah Prancis, Portugal, Inggris, Rusia, Italia dan beberapa negara lainnya.

Nmax yang masuk dalam kategori segmen entry scooter atau disebut urban mobility di negara Eropa sangat disukai masyarakat. Mereka menggunakannya sebagai kendaraan sehari-hari. Hingga Juni lalu, YIMM telah mengekspor Nmax sebanyak 19.640 unit.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
M101 SkyWheel Bidik Konsumen Indonesia

Mengawali 2017, M101 Holdings Sdn. Bhd. pengembang asal Malaysia, memasarkan proyek terbarunya mixed use M101 SkyWheel di Kuala Lumpur, Malaysia....

Close