Home » Technology » Ambit, Software Sungard Untuk Perbankan

Ambit, Software Sungard Untuk Perbankan

Share

Sebagai salah satu bentuk dukungan terhadap industri perbankan global , khususnya di Indonesia, Sungard, perusahaan software dan jasa teknologi global, meluncurkan versi terbaru dari salah satu produk solusinya: Ambit Core Banking. Dengan sistem inti perbankan universal ini, bank-bank akan memiliki peluang untuk menstabilkan pemasukan dan merespons tekanan margin, yang selama ini memang menjadi salah satu perhatian terbesar para pelaku industri perbankan.

Ambit Core Banking dilengkapi dengan fitur neraca keungan dan manajemen risiko yang telah menjadi bagian dari sistem inti perbankan untuk melengkapi fitur deposito dan pinjaman, perbankan komersial, trad finance dan pengelolaan treasury yang telah ada sebelumnya.

Penyediaan perangkat neraca keuangan dan manajemen risiko pada sistem inti perbankan ini akan membantu bank dalam menyajikan pandangan yang lebih akurat mengenai risiko bisnis di setiap unit usaha. Solusi ini menggunakan model data tunggal (single data) untuk mempertajam konsistensi, akurasi dan transparansi data dari neraca keuangan, sebagai komponen yang terintegrasi dari infrastruktur inti perbankan.

Selain menyediakan data neraca keuangan dan manajemen risiko yang lebih akurat, Ambit Core Banking juga menawarkan sebuah fitur yang membantu proses alur kerja perusahaan. Fitur ini dapat membantu menyelaraskan proses manajemen risiko dalam pengambilan keputusan perusahaan. Hal ini membantu bank dalam menafsirkan dan menggunakan informasi risiko neraca keuangan yang akan memperkuat pengambilan keputusan yang lebih strategis, seperti keputusan untuk menghentikan saluran bisnis yang tidak menguntungkan, menyesuaikan risiko-risiko atau modal dalam cadangan bank.

Ambit Core Banking dibuat berdasarkan pada standar-standar Banking Industry Architecture Network (BIAN) dan dikembangkan menggunakan sistem dengan komponen-komponen yang dibangun dengan orientasi pada layanan. Sehingga, sistem ini memungkinkan bank untuk hanya menggunakan fungsi-fungsi mengikuti kebutuhannya, dengan cara yang mudah disesuaikan dan bertahap. Pendekatan ini juga meningkatkan ketangkasan organisasi bank karena membantu perusahaan untuk lebih cepat beradaptasi dengan perubahan pasar.

Ambit dari SunGard ini sendiri adalah sebuah paket solusi untuk perbankan ritel, komersial dan private. Sistem ini memberikan layanan yang dapat membantu praktisi bank dengan solusi untuk mendukung operasional kantor baik untuk layanan operasional front, middle, dan back-office, maupun solusi untuk manajemen keuangan, risiko dan kinerja perusahaan. Ambit membantu bank untuk menjaga agar nasabah tetap setia serta mendatangkan nasabah baru, meningkatkan efisiensi karyawan dan secara efektif mengukur dan mengalokasikan modalnya.

David Hamilton, President Banking Business SunGard, menyebutkan bahwa saat ini bank terus berusaha membangun kepercayaan dan menciptakan nilai lebih bagi pemegang saham. Model perbankan di dunia saat ini telah bergeser dan sekaligus terjadinya sebuah transformasi pada sistem pengarturan uang sedang diterapkan.

Fokus investasi bank saat ini lebih mengarah pada upaya pemenuhan aturan-aturan yang berlaku dan memastikan kepercayaan pemegang saham bahwa bank memiliki pemahaman yang baik terhadap penerapan manajemen risiko. Intinya, investasi ini bertujuan untuk mendukung bank dalam membuat keputusan-keputusan strategis serta membantu menghasilkan profitabilitas bank,” ujar David. (Radito Wicaksono/EVA)

SHARE SOCIAL MEDIA

RELATED POSTS

Sorry, no related post.

LEAVE A REPLY


+ six = 8