Business Research Technology

Perusahaan di Asia Pasifik Bakal Habiskan US$ 230 Miliar Atasi Masalah Terkait Malware

Oleh Admin
Perusahaan di Asia Pasifik Bakal Habiskan US$ 230 Miliar Atasi Masalah Terkait Malware

Perusahaan-perusahaan di Asia Pasifik (APAC) diperkirakan akan menghabiskan hampir US$ 230 miliar pada tahun 2014 untuk mengatasi masalah yang diakibatkan oleh malware yang sengaja dimasukkan ke dalam perangkat lunak bajakan, US$ 59 miliar untuk mengatasi masalah keamanan, dan US$ 170 miliar untuk mengatasi pembobolan data. Demikian menurut studi gabungan yang dilakukan oleh IDC dan National University of Singapore (NUS).

Di sisi lain, konsumen di kawasan APAC diperkirakan akan menghabiskan US$ 11 miliar pada tahun ini karena ancaman keamanan dan perbaikan komputer yang mahal karena adanya malware pada perangkat lunak bajakan.

Studi dengan judul “The Link Between Pirated Software and Cybersecurity Breaches,” juga mengungkapkan, sebanyak 65 persen dari konsumen di Asia Pasifik yang disurvei mengatakan ketakutan terbesar mereka dari perangkat lunak yang terinfeksi adalah kehilangan data, file atau informasi pribadi, diikuti oleh transaksi internet yang ilegal (48 persen), dan potensi pencurian identitas (47 persen). Meskipun demikian, 41 persen dari responden yang sama tidak menginstal security updates, membiarkan komputer-komputernya terbuka untuk diserang oleh para pelaku kejahatan dunia maya.

Pejabat-pejabat pemerintah menyatakan keprihatinannya tentang potensi dampak ancaman keamanan dunia maya kepada negara mereka. Menurut survei, pemerintah di Asia Pasifik paling mengkhawatirkan tentang akses ilegal ke informasi penting pemerintahan (57 persen), dampak dari serangan cyber pada infrastruktur yang kritis (56 persen), dan kehilangan rahasia bisnis perdagangan atau informasi kompetitif (55 persen). Diperkirakan, pemerintahan di dunia bisa mengalami kerugian lebih dari US$ 50 miliar untuk biaya yang berkaitan dengan malware pada perangkat lunak bajakan. Microsoft “Dampak dari kejahatan dunia maya secara finansial sangat merugikan bagi konsumen, perusahaan, dan pemerintahan” kata Reza Topobroto, Legal Affairs Director Microsoft Indonesia, Rabu (19/3/2014).

“Pelaku kejahatan di dunia maya selalu mencari cara baru untuk membobol jaringan komputer untuk mengambil uang Anda, mencuri identitas Anda, dan kata kunci (password) untuk keuntungan finansial. Microsoft Cybercrime Center berkomitmen untuk mengakhiri tindakan ini untuk menjaga data pribadi dan keuangan yang aman,” lanjut dia.

Studi ini dirilis hari ini sebagai bagian dari kampanye Microsoft “Play It Safe,” sebuah inisiatif global untuk menciptakan kesadaran yang lebih besar terhadap hubungan antara malware dan pembajakan.

Tambahan sorotan dari survei ini termasuk: • Kerugian tertinggi di perusahaan akan datang dari Asia Pasifik (US$ 138 miliar) dan akan berada di tangan pelaku kejahatan terorganisir. • Di Asia Pasifik, 32 persen dari perangkat lunak bajakan di perusahaan di instal oleh pegawainya. • Sebanyak 29 persen dari responden perusahaan di Asia Pasifik melaporkan pembobolan keamanan menyebabkan padamnya jaringan, komputer atau situs setiap beberapa bulan; 66 persen dari pemadaman tersebut melibatkan malware pada komputer pengguna akhir. • Tingkat infeksi paling tinggi ada di negara berkembang, di mana banyak konsumen dan perusahaan-perusahaan mendapat perangkat lunak dan PC dari sumber yang tidak terpercaya, seperti toko-toko kecil, pasar jalanan, konsultan-konsultan, dan sebagainya. China dan Thailand memiliki tingkat tertinggi dari infeksi PC dan infeksi perangkat lunak yang dibundling dengan PC. • Hanya 40 persen dari keseluruhan PC yang digunakan di Asia Pasifik tetapi IDC mengestimasi jika wilayah tersebut akan mencatat 47 persen dari perangkat lunak bajakan di seluruh dunia pada 2014. • Meskipun biaya tenaga kerja lebih rendah untuk menangani perangkat lunak bajakan di Asia Pasifik, tingkat yang lebih tinggi dari kawasan ini atas infeksi dan jumlah yang lebih tinggi pada unit perangkat lunak bajakan bertanggung jawab untuk biaya pemulihan yang ekstensif.

“Menggunakan perangkat lunak bajakan adalah seperti berjalan melalui medan ranjau darat. Anda tidak tahu kapan Anda akan datang pada sesuatu yang buruk, tetapi jika Anda melakukannya bisa sangat merusak,” kata John Gantz, Chief Researcher IDC.

“Bahaya keuangan cukup besar dan potensi kerugian bisa menyebabkan keuntungan-sekali dari bisnis menjadi goyah. Membeli perangkat lunak yang sah lebih murah dalam jangka panjang-setidaknya Anda tahu bahwa Anda tidak akan mendapatkan sesuatu ‘ekstra’ dalam bentuk malware.”

Tim Forensik NUS menganalisa 203 PC baru yang diinstal perangkat lunak bajakan menemukan secara mengejutkan 61 persen dari PC telah pra-terinfeksi dengan malware yang tidak aman, termasuk Trojan, worm, virus, hacktools, rootkits, dan adware. PC ini dibeli melalui reseller dan toko-toko PC di 11 negara, termasuk lebih dari 100 ancaman diskrit.

“Hal ini harus dicermati mengingat PC baru telah pra-terinfeksi dengan malware berbahaya karena perangkat lunak bajakan, membuat pengguna dan perusahaan menjadi rentan terhadap pembobolan keamanan,” ujar Associate Profesor Biplab Sikdar, Departemen Teknik Elektro & Teknik Komputer National University of Singapore.

“Tes forensik universitas jelas menunjukkan bagaimana pelaku kejahatan dunia maya semakin memanfaatkan rantai pasokan tidak aman dari pembajakan untuk menyebarkan malware dan mengkompromikan keamanan PC dengan cara yang serius. Kami hanya akan merekomendasikan penggunaan perangkat lunak asli untuk keamanan online dan keamanan dunia maya.”

Penelitian global yang mensurvei 1.700 (807 di Asia Pasifik) konsumen, pekerja TI, chief information officers, dan pejabat pemerintah di Brazil, China, Perancis, Jerman, India, Indonesia, Jepang, Meksiko, Polandia, Rusia, Singapura, Ukraina, Inggris, dan Amerika Serikat, dan menganalisa 203 komputer yang diperoleh dari Brazil, China, India, Indonesia, Meksiko, Rusia, Korea Selatan, Thailand, Turki, Ukraina, dan Amerika Serikat. Riset tahun ini merupakan perpanjangan dari studi IDC tahun 2013, “The Dangerous World of Counterfeit and Pirated Software,” yang dibedakan oleh sikap pejabat pemerintah serta analisis pasar baru, membuat hubungan ekonomi dengan kejahatan dunia maya.

Apakah pengguna individu, usaha kecil, perusahaan atau bahkan lembaga pemerintah, semua didorong untuk membeli komputer baru dari sumber terpercaya untuk memastikan mereka menerima perangkat lunak asli. Microsoft berkomitmen untuk melindungi kecurigaan konsumen dari mengunduh atau membeli perangkat lunak bukan asli yang menghadapkan konsumen pada malware yang dapat menyebabkan pencurian identitas, kehilangan data dan kegagalan sistem. Pelanggan dianjurkan untuk mengunjungi http://www.microsoft.com/security untuk mempelajari lebih lanjut tentang malware dan memastikan komputer mereka tidak terinfeksi. Jika malware hadir, situs ini menawarkan cara untuk menghapus infeksi. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved