Technology

Start up IT Ramai - Ramai Maksimalkan Potensi Bisnis Asuransi Online

Start up IT Ramai - Ramai Maksimalkan Potensi Bisnis Asuransi Online

Bagi start up IT tidak ada yang tidak mungkin untuk dikaitkan dengan teknologi, termasuk bisnis asuransi online. Hal tersebut juga didorong oleh semakin familiarnya masyarakat Indonesia terhadap teknologi serta awareness mereka terhadap pentingnya asuransi itu sendiri dalam aspek kehidupan mereka, baik itu jiwa maupun kerugian.

pasar polis

Misalnya saja, PasarPolis.com , sebagaimana dijelaskan Cleosant Randing, CEO PasarPolis.com, pasar asuransi di Indonesia sudah semakin bertumbuh dikarenakan pertumbuhan kelas menengah atas yang mengindikasikan pertumbuhan ekonomi. “Di 2015 mendatang potensi pertumbuhan asuransi ditaksir bakal mencapai US$ 1,6 miliar,” katanya.

Sementara itu bagi pemain lain, Asuransi88.com , memanfaatkan tren keterbukaan masyarakat terhadap teknologi sehingga memungkinkan mereka mencari informasi tentang produk asuransi mulai dari harga serta benefitnya. “Portal asuransi online ini sebagai pintu gerbang masyarakat yang ingin mengetahui tentang asuransi itu sendiri,” tutur Agus Wibisono, CEO Asuransi88.com

Dengan fleksibilitas masyarakat terhadap informasi yang semakin tinggi, mereka cukup mengakses melalui gadget mereka untuk mendapatkan informasi seputar produk asuransi dari berbagai perusahaan yang terkumpul. Misalnya saja seperti Cekpremi.com , dengan menampilkan produk partner mereka, baik untuk kategori asuransi kendaraan, sampai asuransi perjalanan memudahkan calon nasabah untuk memilah mana produk asuransi yang palin pas sesuai kebutuhan mereka.

“Dengan mengakses portal online ini calon nasabah bisa mendapatkan informasi detil produk mulai dari harganya hingga benefitnya. Kemudian dari situ juga bisa melihat poduk mana yang paling murah,” kata Ivan Sunandar, Business Development Manager Cekpremi.com

Secara mekanismenya, ketiga start up ini mengadopsi sistem booking online Traveloka.com , dimana dari portal online tersebut akan terkumpul informasi yang didapat dari partner perusahaan asuransi. Begitu juga dengan sistem komisinya dimana mereka tidak menarik margin sedikitpun dari harga polis yang ditetapkan oleh perusahaan asuransi, melainkan akan mendapatkan komisi dari setiap transaksinya.

Terlepas dari itu semua tetap saja yang akan menjadi penentu nasabah membeli suatu produk asuransi adalah dari cara direct selling yang dilakukan perusahaan. Wiyono Gito Susanto, Marketing Manager Sequislife, yang merupakan partner dari Asuransi88.com, menilai bahwa produk asuransi seperti asuransi jiwa tidak mudah dijual hanya dengan sekali memberikan informasi. Perlu adanya interaksi simultan yang dilakukan oleh team sales kepada calon nasabahnya.

Meskipun demikian ia percaya bahwa dengan adanya portal asuransi ini, bisa menjembatani calon nasabah secara lebih massive.

Dalam kaitannya dengan startup pada bisnis asuransi online ini, agaknya seperti Cekpremi.com dan Asuransi88.com sudah mengimplementasikan customer service online dalam bentuk insurance specialist yang bisa menjelaskan produk asuransi dari setiap partnernya. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved