Home » Technology » Uji Kecepatan Data, ZTE Pecahkan Rekor Dunia

Uji Kecepatan Data, ZTE Pecahkan Rekor Dunia

Untuk kesekian kalinya, ZTE memecahkan rekor dunia. Perusahaan penyedia perangkat telekomunikasi ini melakukan percobaan peningkatan kecepatan data seluler tunggal (single-cell) HSUPA di Shenzen, hina pada 30 Maret 2012.

Hasil percobaan tersebut menunjukkan bahwa kecepatan transfer data HSUPA bisa mencapai 15.2 Mbps dari kecepatan maksimal 16 Mbps. Angka inilah yang mengusung ZTE memecahkan rekor dunia.

Bagi perusahaan yang selalu menanamkan 10 persen laba untuk Riset dan Pengembangan ini bukan pertama kali meraih rekor dunia. Pada percobaan sebelumnya, rekor dunia sudah digenggam ZTE dengan kecepatan transfer data 12 Mbps.

Seiring meningkatnya kebutuhan pengguna akan kecepatan data yang tinggi, berbagai permasalahan akses tidak jarang terjadi. Salah satu masalah yang sering ditemui pengguna ponsel pintar dan multi-media bergerak adalah kelambatan akses atau bottleneck.

“Jejaring sosial dan layanan multi-media memungkinkan semakin banyak pengguna mengunggah konten ke jaringan, dan menimbulkan masalah bagi operator,” aku General Manager ZTE GU, Pu Yingchun.

Masalah inilah yang kemudian menggelitik ZTE untuk melakukan percobaan. Percobaan tersebut menggunakan solusi peningkatan kapasitas HSUPA yang menggunakan teknologi perangkat interferensi dan teknologi penjadwalan independen antena banyak. Selain itu digunakan pula teknologi penerimaan sinyal dengan empat antena. Elemen-elemen tersebut mampu meningkatkan kecepatan data HSUPA hingga empat kali lipat tanpa upgrade terminal pengguna.

“Kami sangat puas dengan hasil tes ini karena mampu menunjukkan bahwa kecepatan data uplink bisa ditingkatkan sampai 50 persen dan teknologi ZTE bisa menangani masalah bottleneck dengan sangat baik,” pungkas Pu Yingchun.

SHARE SOCIAL MEDIA

LEAVE A REPLY


− four = 4