Darren Suciono, Bisnis Utak-Atik Mesin Pencari

Internet melahirkan banyak jenis pekerjaan baru yang beberapa tahun silam tak pernah terpikirkan. Salah satunya, jasa optimalisasi hasil mesin pencarian Google yang dikenal dengan nama Search Engine Optimization (SEO). Dan, salah satu anak muda kreatif yang mampu menunggangi tren jasa SEO itu adalah Darren Suciono. Meski baru menggeluti bisnisnya selama lima tahun, Darren sukses meraup ratusan juta rupiah per tahun.

Darren Suciono

Darren Suciono

Bisnis SEO Darren dimulai dari rasa dendamnya saat kalah main saham sambil kuliah di Jurusan Teknik Industri President University. Krisis keuangan global yang menerpa pada 2009 melenyapkan seluruh modal berikut keuntungan yang ditabungnya bertahun-tahun.

Usai mengalami kebangkrutan itulah, Darren menyimpan dendam untuk bisa meraih kembali modalnya yang hilang. Tepat pada saat itu, ketika ia lulus kuliah pada 2010, Darren diperkenalkan dengan dunia pemasaran via Internet oleh temannya. Lantaran kerap berjualan via Internet, ia pun mempelajari teknik SEO.

Sesudah mempelajari SEO selama beberapa waktu, Darren penasaran untuk mengetes kemampuannya. Ia lantas merayu pamannya agar bisnisnya di bidang penyewaan alat berat dan penjualan aspal bisa dijadikan kelinci percobaan. Namun, lantaran kala itu penggunaan Internet dan ponsel cerdas belum semasif saat ini, pamannya sangsi. “Dia bilang, mana bisa jualan alat berat dari Internet. Namun, saya tetap ingin mencoba dan apabila berhasil saya bisa mendapatkan komisi dari penjualan tersebut,” pria berusia 27 tahun itu mengenang kejadian pada 2010 itu. Ternyata, uji coba Darren berhasil, bisnis alat berat dan penjualan aspal pamannya kian laris.

Sukses membantu pamannya, dia kemudian menawarkan jasanya kepada temannya yang kebetulan orang tuanya memiliki dealer sepeda motor Honda di kawasan Cengkareng, Jakarta Barat. Setelah situs web dealer tersebut diutak-atik dengan teknik SEO, Darren berhasil meningkatkan pengunjungnya berkali-kali lipat hingga mencapai 100 ribu pengunjung per bulan. “Sekarang, website itu diakses 600 ribu pengunjung per bulan,” ungkapnya kepada SWA di Mal Kota Kasablanka, Kuningan, Jakarta Selatan.

Sejak itulah, bisnis SEO-nya perlahan tetapi pasti mendapatkan pasarnya. Bahkan, meski tidak pernah beriklan di media massa, klien baru tetap berdatangan. “Kebanyakan dari pelanggan lama yang puas yang kemudian cerita ke teman-temannya, ujarnya.

Dia memaparkan, tujuan utama SEO adalah menempatkan situs web pelanggannya di halaman pertama hasil pencarian Google ketika seseorang mencari suatu informasi terkait. Kemampuan menempatkan situs web di halaman pertama hasil pencarian Google itu sangat penting karena kebanyakan orang hanya melihat hasil di halaman pertama atau kedua di mesin pencari saat mencari sebuah informasi. “Sangat jarang orang yang mengklik sampai halaman selanjutnya,” ujarnya. Untuk bisa mencapai tujuan itu, banyak cara yang dilakukan. Salah satunya, memasukkan beragam kata kunci dan artikel yang relevan di situs web kliennya.

Darren, yang kini menerapkan kontrak minimal setahun dengan tarif Rp 5 juta per bulan, mengungkapkan, kerapkali hasil kerjanya baru terlihat setelah beberapa bulan kemudian. Dan, ukuran keberhasilannya pun cukup berat. Pekerjaannya baru dianggap sukses jika situs web pelanggannya mampu bertengger di halaman pertama pencarian

Dengan kemampuannya itu, dia kini menangani tak kurang dari 15 klien yang rata-rata meneken kontrak selama setahun. Menurutnya, salah satu kelebihan jasanya adalah penawaran khusus yang dibuatnya. Salah satunya, ia tidak membatasi jumlah kata kunci yang diberikan untuk klien. Sementara, sejauh pengamatannya, sejumlah pesaingnya justru memberikan kata kunci per paket. “Kalau orang biasanya kan dikontrak misalnya menggunakan 10 keyword tertentu. Kalau saya nggak, semua kata kunci saja saya naikin. Jadi, orang-orang yang mencari yang berkaitan dengan desain logo akan langsung ketemu dengan si desain logo ini,” tutur Darren.

Sejumlah situs web yang ditanganinya antara lain portal berita Suara.com, Meetdoctor.com, Istanapayung.com dan dealer Hondacengkareng.com milik orang tua temannya yang hingga kini menjadi klien setianya.

Di era Internet saat ini, pemasaran melalui dunia maya memang lebih hemat biaya dan efektif. Darren mencontohkan, jasanya terbilang jauh lebih murah bagi dealer sepeda motor Honda Cengkareng itu apabila dibandingkan dengan menyewa beberapa tenaga penjual untuk memasarkan produknya. Efektivitas jangkauannya pun lebih baik. “Misalnya, saya berniat beli motor Honda pakai kredit, saya cari dengan kata kunci ‘kredit motor Honda’ di Google, lalu keluarlah di halaman pertama dealer Honda Cengkareng.com, potensi pembeliannya jadi lebih besar,” ujar Darren, yang kini dibantu seorang karyawan dan dua tenaga lepas.

Menurut Darren, ke depan, bisnis SEO akan terus meningkat. Kini, ia tertarik mengembangkan jasa pemasaran Internet melalui media sosial seperti Facebook, Twitter dan Instagram. Salah satu keuntungan menyasar media sosial, imbuh dia, tarif jasanya terjangkau, khususnya bagi pengusaha kecil. “Biar orang punya anggaran Rp 1 juta, tetap bisa masuk. Nanti klien saya bisa meluas hingga ratusan dan semakin banyak,” ungkap Darren dengan yakin.

Salah satu klien yang menggunakan jasa SEO Darren adalah Johannes yang memiliki dan mengelola situs Istanapayung.com. Johannes, yang menggunakan jasa Darren sejak mendengarnya melalui radio dua tahun silam, mengaku puas atas hasilnya. Tak hanya pengunjung situsnya yang meningkat, omsetnya pun turut terangkat. “Banyak dari mereka yang mengaku melihat produk dan jasa pembuatan payung promosi saya dari website berdasar hasil pencarian di Google,” ujarnya.

Johannes memberi masukan agar Darren menyediakan varian jasa yang lebih banyak lagi, termasuk pemasaran melalui media sosial dan pembuatan situs web. “Sehingga, kita bisa mendapatkan jasa Internet marketing dalam satu atap, jadi lebih lengkap servisnya,” katanya.(*)

B O K S

Darren Suciono

Tanggal lahir : 20 Mei 1988

Pendidikan : S-1 Teknik Industri, President University

Bidang usaha: Search Engine Optimization (SEO)

Klien yang sedang ditangani:

  • Dealer motor

  • Toko elektronik

  • Distributor oli

  • Pelatihan public speaking

  • Game online

  • Situs web berita online

  • Portal kesehatan

  • Aksesori keamanan kendaraan (GPS)

  • Distributor plastics wrapping

  • Portal penyewaan penginapan di Bandung

  • Baby shop

  • Penyewaan alat berat

  • Grosir payung

  • Perawatan mobil

 

Aulia Dhetira Haryadi dan Eddy Dwinanto Iskandar

Riset: Armiadi

Editor : Aulia Dhetira

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Accor Hotels Group Berkomitmen Dukung Industri Pariwisata

AccorHotels kembali menjalankan kerja sama dengan mitra lamanya di Afrika. Bertujuan untuk mendukung pariwisata di benua tersebut, Accor sebagai operator...

Close