Youngster Inc. StartUp

Hologram Indonesia Berambisi Menggebrak MICE

Jpeg

Bisa dijelaskan Hologram Indonesia ini bisnis apa ?

Hologram Indonesia (HI) adalah technology agency yang biasa support untuk event-event. Jadi kami lebih memberikan solusi. Ada beberapa solusi yang kami berikan, salah satunya hardware. Ada tiga solusi yang kami berikan, pertama Pra Event Indonesia, ini adalah solusi untuk membangun awareness target pasar event, sehingga masyarakat tahu akan ada event, tentang apa eventnya. Kedua, adalah Lumi Glass, ini adalah hardware, berupa kotak berisi hologram. Ini fungsinya untuk display, enggament, supayanya eventnya lebih menarik, dengan sentuhan teknologi, dan yang ketiga adalah Post Event Solution, nah event-event yang sudah diselenggarakan itu , setelah selesai mereka butuh report, data untuk evaluasi tim marketingnya atau brandnya. Kami bisa menyediakan datanya yang didapat dari Par Event Solustion dan hardware tadi.

Jadi produk hardware yang dijual HI untuk event itu apa saja ?

Kami punya Lumi Glass Holow Box, ini adalah sebuah ilusi tiga dimensi didalam boks empat dimensi sehingga nantinya terlihat seperti empat dimensi. Ini ada beberapa varian, mulai dari 19 inch sampai 30 inch, bahkan bisa satu panggung 3 x 5 meter. Fungsinya untuk menampilkan obyek-obyek untuk product launching, misalnya mobil, kulkas, AC dll. Untukk konser dan fashion show juga bisa.

Modal awalnya dari mana ?

Kami awalnya punya konsep dan diikutkan dalam kompetisi yang diadakan Kemenristek lalu menang dan dapat dana hibah, dari sana modal awal kami.

Awal ceritanya bagaimana samapai bisa membangun bisnis ini ?

Pertama adalah daniel dan muchlis yang start bisnis duluan tahun 2013, mereka dapat dana hibah dari Kemenristek. Akhirnya setelah sudah running, mereka bikin PT Garuda Solusi Kreatif (GSK). Dari visi dan misi mereka akhirnya dibikin unit bisnis yang namanya Hologram Indonesia, dan Forsecnet. Nah Hologram Indonesia ini adalah solusi untuk support event. Kalau Forsecnet ini untuk enterprise solution, software house, kami sudah kerjasama dengan Kominfo, karena memang target pasarnya adalah B2G, kami menyediakan layanan keamanan untuk menedeteksi aktivitas atau potensi hacker di seluruh dunia.

Lalu Forsecnet itu seperti apa perkembangan bisnisnya ?

Sejauh ini belum terlalu banyak kliennya, tetapi itu karena memang Forsecnet fokusnya untuk melayani sekuritas bagi situs – situs resmi pemerintah, jadi proyeknya berulang dengan satu klien yang sama.

Selama 1,5 tahun ini sudah berapa event yang ditangani dan kliennya siapa saja ?

Jumlah eventnya persisnya saya kurang ingat, ada lebih dari 10 event yang sudah kami tangani, kliennya antara lain Yamaha di Indonesia Motor Show 2015, Pfizer, Samsung, Bank Mandiri, Toyota, FIFGroup, BMKG, Magnum, Daikin.

Membangun bisnis seperti ini apa saja tantangannya ?

Waduh banyak sekali, tetapi yang paling menantang adalah kami semua backgroundnya IT dan tidak punya pengelaman kerja di perusahaan jadi kami sama sekali buta soal manajemen bisnis, seperti keuangan. Jadi kami mau tidak mau harus belajar manajemen keuangan bisnis. Seiring berjalan waktu jadinya harus belajar untuk mengelola finnace, cash flow dan sebagainya. Lalu strategi pemasarannya.

Siapa klien pertama Hologram Indonesia? Bagaimana pengalaman pertama melayani klien pertama ?

Klien pertama kami itu dibukakan koneksinya lewat dosen kami. Tetapi karena kami belum punya portofolio maka saat itu kami memasukan Kemenristek sebagai klien kami, padahal mereka ibarat inkubator kami hehe… tetapi Alhamdulillah dari sana lalu terus berdatangan permintaan.

Strategi pemasarannya seperti apa ?

Karena kami ini B2B dan B2G jadi kami masih mengandalkan direct selling, jadi nggak malu-malu mengetok pintu dan menawarkan jasa hehe… karena kalau mengandalkan media lainnya seperti sosial media untuk segmen kami yang B2B dan B2G kurang efektif.

Apa target dan rencana kedepan ?

Target besar kami untuk Hologram Indonesia, kami ingin main di industri MICE Indonesia, karena pasarnya besar. Dan masih belum banyak teknologi yang melayani atau mengakomodir kebutuhan MICE. Sampai saat ini belum ada bisa mengukur, industri MICE itu segmentasinya berapa besar? Nah lewat Post event Solution kami mau bikin terobosan untuk layanan ini. (EVA)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved