zkumparan Automotive

Dua Jagoan Scania di Segmen Bus AKAP

Dua Jagoan Scania di Segmen Bus AKAP

Scania adalah nama pendatang baru di jajaran kendaraan niaga, khususnya di segmen truk dan bus di Indonesia. Namun, kedatangan produk otomotif asal Swedia itu tidak hanya meramaikan bisnis kendaraan niaga yang selama hanya kenal dengan nama seperti Mitsubishi, Hino atau Mercedes Benz saja, tapi juga menarik minat pengusaha bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) untuk menjadikan Scania sebagai salah satu pilihan yang menarik.

PT United Tractors Tbk (UT)–distributor dan APM Scania di Indonesia– baru saja memasarkan dua bus Scania untuk penggunaan jalur tol Trans Jawa dari Jakarta hingga Surabaya. Dua produk andalannya tersebut adalah bus Scania K360TB-4X2 dan K4lOlB-6X2. Dua model ini bisa dibangun dengan bodi mulai dari Super High Deck, Ultra High Deck dan Double Deck. Kedua model bus Scania ini masuk dalam kategori bus Executive karena dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memberikan keamanan dan kenyamanan berstandar tinggi.

Harijadi Mawardi, General Manager UT mengatakan, Scania khususnya bus dengan model high deck diminati pengusaha otobus. Karena bagasinya luas mampu menampung banyak penumpang. Selain itu, fitur-fitur kesalamatan dan kenyamanan yang melimpah juga menjadi pertimbangan pengusaha memilih merek ini.

Bus Scania telah dilengkapi fitur Electronic Braking System (EBS) dan Anti-looked Braking System (ABS), serta Electronic Stability Program (ESP) yang berfungsi untuk menjaga kestabilan saat berkendara meski di jalan yang licin. Bus ini juga sudah dilengkapi dengan suspensi udara (air suspension) dan transmisi opticruise (auto manual transmission) yang membuat Scania lebih aman dan nyaman dipakai berkendara.

Scania K360TB-4×2 mengusung mesin 13 liter DC13 108 EURO 3, 4-stroke 6-silinder in-line, 4-katup per silinder, Turbo-charged, Intercooler, Scania PDE injeksi, 265 kW (360 hp) @ 1.900 r / min dan torsi 1.750 Nm @ 1.000 – 1.350 r / min. Bus ini juga sudah dilengkapi dengan cruise control, pembatas kecepatan dan pembersih minyak mesin sentrifugal.

Sedangkan Scania K410IB 6X2 mengunakan mesin DC13 107 K01 Euro 3 enam silinder segaris berkapasitas 13 liter. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 410 HP. bus ini dilengkapi dengan fitur Downhill Speed Control yang mengontrol kecepatan bus saat melewati jalan menurun, Hill Hold untuk membuat bus tetap aman saat dalam posisi berhenti saat berada di jalan menanjak. Ada juga fitur Retarder, Anti-lock Braking System, Electronic Braking System dan Automatic Slack Adjuster. “Dengan tenaga yang cukup melimpah tersebut, bus ini cocok untuk melibas tol Trans Jawa. Mesin bertenaga penumpang dan pengemudinya nyaman,” kata Harijadi.

Selain mesin dan suspensi, kanyamanan Bus Scania juga ditopang dengan penggunaan transmisi opticruise juga memberikan kemudahan dan kenyamanan. Pada tipe K360TB-4X2 menggunakan 9 percepatan dengan 8 maju dan 1 mundur. Sedangkan pada K4lOlB-6X2 memiliki 12 percepatan.

Scania K360TB-4X2 dibanderol dengan sekitar Rp1,4 miliar dan K4lOlB-6X2 Rp 1,75 miliar. Di Tanah Air K360TB-4×2, akan bersaing dengan Mercedes-Benz OH 1836 dan Hino RM 380. Sedangkan K4101B akan bersaing dengan Volvo B11R, Mercedes Benz OC 500 RF 2542.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved