Foton Gandeng Cummins Buat Program "China Super Truck" Tahap Kedua

Foto: Super Truck/PR Mews

Foton Moto—Raksasa Truk Asal China dan Cummins --salah produsen mesin terbesar di AS--  meneken Memorandum of Green Power and Smart Truck Cooperation Development Project pada ajang ajang the 8th U.S.-China Energy Efficiency Forum  di Denver, Colorado, Amerika Serikat. Lewat kesepakatan ini, Foton Motor dan Cummins akan merilis kerja sama intensif untuk menghadapi tantangan perubahan iklim global. Kerja sama itu berdasarkan pemahaman bersama untuk mendorong penghematan energi, pembangunan yang aman bagi lingkungan dan sedikit menghasilkan gas karbon (low carbon). Kerja sama ini juga menandai peluncuran program "China Super Truck" tahap kedua.

Kerja sama terbaru ini bertujuan menjalin kemitraan intensif dalam bidang sumber energi yang aman bagi lingkungan, berbasis pada keuntungan kedua belah pihak baik dalam teknologi maupun sumber daya. Kedua pihak akan menggunakan teknologi penghematan energi demi menyelesaikan optimasi sistem powertrain dan integrasi kendaraan, mengurangi konsumsi bahan bakar dan meningkatkan efisiensi transportasi. Kerja sama ini juga hendak menciptakan smart trucks yang aman bagi lingkungan serta terdepan di dunia, sebagai bagian dari tren pelestarian lingkungan sekaligus memenuhi persyaratan kemitraan energi bersih antara Amerika Serikat dan Tiongkok.

Sejak 2008, ketika Foton Motor dan Cummins mendirikan usaha patungan, truk Foton menggunakan mesin Cummins  untuk kendaraan light-duty dan heavy-duty, dengan standar emisi yang memenuhi ketentuan hukum dan regulasi terketat di dunia. Mesin produksi Foton Cummins memenuhi standar emisi Euro IV, Euro V dan Euro VI.

Perangkat super powertrain ISG merupakan powertrain eksklusif produksi Cummins untuk super truck. Teknologi canggihnya yang luar biasa serta fitur penghematan bahan bakar yang berefisiensi tinggi, berkontribusi pada kesuksesannya menjadi powertrain utama bagi truk heavy-duty berjenis high-end. Foton Auman Est  dan truk heavy duty EST-A yang dilengkapi dengan ISG super powertrain, mampu mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi karbon, serta membuat efisiensi transportasi meningkat tajam.

Tahun ini, seri Foton Auman Est akan diluncurkan di Rusia, Peru, Thailand dan  beberapa lagi lainnya. Seri kendaraan tersebut telah diteliti dan dikembangkan selama 4 tahun menurut standar Eropa. Berdasarkan riset dan keahlian pengembangan dari Beijing Foton Daimler Automotive Co., Ltd.(BFDA), cocok dengan powertrain eksklusif milik Cummins ISG, serta terintegrasi dengan rantai pasok utama kendaraan komersial terbaik dunia, termasuk Cummins, ZF Friedrichshafen AG, Wabco, Continental, dan lain-lain. Memimpin tren truk asal Tiongkok dengan terobosan ilmiah dan teknis, seri kendaraan Foton Auman Est menjadi Super Truck generasi pertama asal Tiongkok.

Selain itu, Foton Motor juga bekerjasama  dengan berbagai pihak dalam sistem rantai pasok terbaik dunia untuk mendirikan "China Intelligent Connected Super Truck Alliance", demi menciptakan pembangunan dan pengembangan smart traffic dan smart cities berskala global, melalui produk otomotif canggih yang saling terhubung.

Penandatanganan Memorandum on Strategic Cooperation of green power and Smart Truck sekaligus menandakan tahap kedua dari program "China Super Truck", resmi dirilis. Target program ini adalah mengurangi konsumsi bahan bakar hingga 15-20%, mengurangi emisi karbon hingga 20% dan meningkatkan efisiensi transportasi sampai 50%.

Foton Motor, sebagai tulang punggung industri otomotif Tiongkok, dengan karakteristik "tidak berbahaya bagi lingkungan, berefisiensi tinggi, aman dan canggih," akan bekerja sama dengan Cummins demi menyediakan super powertrain yang aman bagi lingkungan dan Super Truck canggih bagi pasar kendaraan komersial dunia, serta menunjukkan kekuatan "China Intelligent Manufacturing" kepada dunia. (Rian S/PRNews)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)