zkumparan Automotive

Grup Astra Masih Mendominasi Industri Otomotif Nasional

Meski dihajar oleh kompetitor, terutama di segmen Low MPV –penterasi Mitsubishi Expander yang berhasil menumbangkan Toyota Avanza dan SUV Mitsubishi Pajero yang berhasil mengalahkan Toyota Fortuner–namun hingga bulan keempat di tahun 2018, PT Astra International Tbk masih mendominasi pasar roda empat nasional.

Dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Astra berhasil menguasai 49 persen market share dengan total penjualan sebanyak 192.905 unit–dari Januari – April. Sedangkan total penjualan kendaraan roda empat di Indonesia sudah mencapai 394.421 unit.

Penjualan tertinggi masih ditopang oleh Toyota yang pada periode Januari – April 2017 berhasil terjual 114.427 unit, disusul oleh Daihatsu 70.479 unit, Isuzu 7.971 unit, dan Peugeot 34 unit. Sedangkan penjualan mobil Non Astra (Mitsubishi, Honda, Suzuki, Nissan dan lainnya) tercatat 51.300 unit. Di segmen roda empat, Astra memiliki empat merek, yaitu Toyota, Daihatsu, Isuzu, dan Peugeot.

Di segmen LCGC (Low Cost Green Car), pangsa pasar Grup Astra adalah 49%. Di segmen ini, Astra yang diwakili oleh Toyota dan Daihatsu sepanjang Januari hingga April telah terjual 58.756 unit. Angka ini menurun bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang tercatat 66.418 unit.

Di segmen roda dua, Astra yang diwakili oleh merek Honda juga berhasil menjadi market leader dengan pangsa pasar 75 persen. Dari data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), total penjualan motor Honda selama tahun lalu 2017 mencapai 4.385.888 unit.

Sedangkan pada Januari hingga April dimana total penjualan sepeda motor mencapai 2.038.415 unit, Honda sudah terjual 1.527.795 unit. Sementara merek non Astra seperti Yamaha, Suzuki, Kawasaki dan TVS terjual 510.620 unit, dimana Yamaha terjual 454.726 unit, Suzuki (21.582 unit), Kawasaki (34.216 unit) dan TVS 96 unit.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved