zkumparan Automotive

Honda CR-V, Primadona SUV Indonesia

Sejak kemunculannya pertama kali tahun 2000, Honda CRV– mobil sport kompak serba guna — andalan PT Honda Prospect Motor (HPM) ini menarik minat pecinta otomotif SUV di Indonesia.

Penjualannya cukup bagus dan tahun lalu.. Honda CRV generasi ke-5 ini diluncurkan pada April 2017 dan berhasil membukukan penjualan sebanyak 15.095 unit atau naik dua kali lipat dari penjualan tahun sebelumnya (2016) sebesar 7.853 unit. Torehan penjualan ini cukup signifikan dalam menyumbang total penjualan Honda sebesar 186.859 unit. Capaian tersebut tidaklah mengherankan bila Honda CR-V merupakan primadona SUV dicatat sebagai mobil SUV dengan penjualan tertinggi sepanjang masa di Indonesia.

Dalam siaran persnya di Jakarta (23/1/2018), HPM menyebutkan bahwa sejak generasi pertama Honda CR-V diluncurkan di Indonesia tahun 2000 hingga kini telah mencatat total penjualan terbanyak di kelasnya, yaitu 188.281 unit. “Sejak generasi pertama hingga generasi kelima, Honda CR-V telah diakui sebagai mobil global yang memiliki reputasi baik di seluruh dunia karena menawarkan desain tangguh namun penuh gaya, teknologi terdepan di kelasnya, hingga mesin dengan tenaga besar namun tetap efisien,” kata Jonfis Fandy, Marketing and After Sales Service Director HPM.

Apa saja keunikan generasi kelima Honda CR-V ini? Untuk pertama kalinya Honda memperkenalkan varian yang mengusung mesin 1.5 Liter DOHC Direct Injection VTEC Turbo with Earth Dream Technology yang menghasilkan tenaga maksimal 190 PS pada 5600 rpm, serta torsi maksimal 24.8 Nm pada 2000 – 5000 rpm. Mesin VTEC Turbo adalah penyempurnaan dari versi konvensional, di mana mesin memanfaatkan gas buang untuk memadatkan udara masuk ke dalam cylinder head, sehingga kemampuan pembakaran meningkat dan menghasilkan tenaga maksimal dengan bahan bakar efisien.

Selain CRV, penjualan yang tak kalah moncernya adalah di segmen Low SUV , hatchback dan city car. Honda HR-V, BR-V dan CR-V telah terjual 76.918 unit (2017) dan menguasai pasar hingga 46,2 persen (LSUV+SUV) di Indonesia. HR-V 1.5 market leader di LSUV dengan penjualan 33.386 unit dan BR-V 21.932 unit. Sementara CR-V mencatatkan 15.905 unit dan HR-V 1.8 5.695 unit untuk SUV.

Untuk segmen hatchbac, Honda Jazz dan Civic terjual 17.574 unit atau 52 persen dari total pasar hatchback. Jazz jadi market leader dengan raihan 16.100 unit, sedangkan Civic 1.474 unit. Sedangkan di segmen city car, Brio RS menyumbangkan 10.580 unit dengan pangsa pasar 33 persen. Sedangkan Brio Satya dominan dengan 43.378 unit, menguasai 18 persen pasar LCGC 5 seater. Brio Satya juga mendapat status sebagai produk terlaris Honda tahun lalu. Penjualannya meningkat 19 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved