Automotive

Kembangkan Layanan Online dan Offline Penjualan dan Servis Mobil

Manajemen Auto2000 optimistis bahwa tahun 2021, pasar otomotif akan lebih bagus dibanding sebelumnya. Harapan ini didukung oleh mulai adanya vaksin dan membaiknya daya beli masyarakat terutama di sektor otomotif yang memberikan dampak positif terhadap perekonomian Indonesia.

“Sepanjang tahun 2020, Auto2000 telah berupaya memberikan layanan terbaik kepada AutoFamily di seluruh wilayah Indonesia. Di antaranya adalah jaringan dealer yang luas hingga 126 cabang, layanan purna jual seperti THS – Auto2000 Home Service yang berjumlah 428 unit, layanan darurat siaga 24 jam, dan hadirnya Auto2000 Digiroom,” kata Ivan P Sadik, Chief Operation Auto2000 pada acara Virtual Media Gathering (20/1/2021).

Kontribusi penjualan dealer ini sepanjang Januari – Desember 2020 73.465 unit Toyota atau sekitar 40,6% dari total penjualan Toyota di Indonesia. Pencapaian ini menjadikan Auto2000 sebagai Best Contributor Dealer penjualan Toyota di Indonesia.

Dari sisi aftersales, unit entry (UE) atau jumlah kendaraan yang masuk ke bengkel Auto2000 sepanjang tahun 2020 adalah sebanyak 1.630.740 unit. Sementara UE melalui layanan THS – Auto2000 Home Service mencapai 344.857 unit.

Di tahun 2021, Auto2000 mencanangkan target sebagai dealer Toyota dengan penjualan dan layanan terbaik di Indonesia sejalan dengan misi Auto2000 yakni “To Help People to Enjoy Their Mobility”. Kebiasaan masyarakat bergerak ke arah digital selama tahun 2020 mengakselerasi perubahan tersebut. Untuk itulah, tambah Ivan, pihaknya akan memperkuat layanan berbasis digital untuk memenuhi kebutuhan AutoFamily. Auto2000 digiroom merupakan lokomotif penggerak sebagai The First Toyota Showroom in Your Pocket.

Layanan digital lain adalah chatbot Tasia, asisten virtual yang menawarkan kemudahan untuk mengakses layanan berbasis internet di tengah mobilitas yang tinggi memanfaatkan aplikasi chating. Auto2000 mengemas informasi fasilitas dan layanan dalam konten yang unik dan mudah dipahami via kanal social media Youtube dan Instagram, seperti Ngovi Auto2000 atau Ngobrol Santai Bersama Auto2000.

Auto2000 memiliki modal kuat berupa deretan cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Saat ini Auto2000 memiliki 126 cabang yang terdiri atas 97 cabang VSP (Vehicle Sales Parts), 16 cabang VSP+BP (Vehicle Sales Parts+Body & Paint), dan 13 cabang S (Sales). Selain itu, terdapat pula 6 fasilitas Body & Paint (BP) yang berdiri sendiri. Salah satu peningkatan layanan cabang adalah dihadirkannya Auto2000 ICON (Indonesia Connexion) sebagai “Next Generation Auto2000 Offline Channel” dalam bentuk layanan bergerak showroom dan bengkel menggunakan truk Toyota Dyna. Truk multifungsi ini didesain khusus untuk memberikan layanan yang terintegrasi dan komprehensif meliputi penjualan, perawatan, perbaikan kendaraan, serta penjualan suku cadang asli Toyota.

Auto2000 ICON mendukung mobilitas dan fleksibilitas tinggi dalam memperkuat kontribusi layanan Auto2000, bahkan ke daerah yang sulit dijangkau sekalipun menggunakan armada mobile dealer dengan fasilitas lengkap, modern, dan canggih. Semua fasilitas dan layanan Auto2000 secara offline tersebut juga disesuaikan dengan protokol COVID-19 yang ketat sehingga membuat AutoFamily akan merasa mudah, aman dan nyaman.

“Meski masih dalam situasi pandemi, Auto2000 siap memulai tahun 2021 dengan optimisme dan harapan yang besar supaya sanggup memberikan kontribusi terbaik terkait kepemilikan Toyota. Upaya yang dijalankan mulai dari memperkuat layanan online yang semakin diandalkan pelanggan dan meningkatkan mutu layanan cabang sebagai ujung tombak pelayanan langsung kepada AutoFamily sebagai pelanggan setia,” terang Martogi Siahaan, Chief Executive Auto2000.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved