zkumparan Automotive

Kolaborasi Toyota dan Daihatsu di Mobil Hybrid

Kolaborasi Toyota dan Daihatsu di Mobil Hybrid
Japanauto

Kolaborasi Toyota dan Daihatsu telah sukses memproduksi Avanza dan Xenia, Rush dan Terios. Kerja sama tersebut bakal berlanjut lagi dengan membuat produk hybrid terutama untuk SUV dan MPV, yang rencananya bakal direalisasikan pada tiga tahun mendatang di Indonesia.

Dalam keterangan persnya, Deputy CEO Toyota Corp, Susumu Matsuda, mengatakan, untuk memasarkan kendaraan listrik, Toyota akan fokus dengan pengembangan teknologinya di Indonesia. Hal ini untuk memberikan pelayanan utama kepada konsumen di Tanah Air agar mereka praktis menggunakan kendaraan listrik. “Toyota bersama Daihatsu akan memproduksi mobil hibrida di Indonesia tahun 2022. Jenisnya antara lain SUV dan MPV. Kedua jenis tersebut yang akan lebih diminati konsumen di Indonesia. Kami sedang mempersiapkan produksinya,” katanya.

Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian berupaya mempercepat pengembangan kendaraan listrik di Indonesia. Salah satu caranya, dengan melakukan sosialisasi ke sejumlah produsen otomotif skala global sedang merencanakan persiapan untuk peluncuran kendaraan listrik di Indonesia dalam waktu dekat.

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, mengatakan bahwa beberapa regulasi akan dikeluarkan pemerintah salah satunya adalah mengkompensasi perbedaan harga antara kendaraan listrik dengan kendaraan internal combustion engine (ICE) yang ada sekarang. Perbedaan harga itu diyakini mampu mendorong sebagian konsumen untuk beralih dari yang sebelumnya menggunakan kendaraan berbahan bakar minyak ke kendaraan listrik. “Kendaraan hybrid itu sangat hemat. Selain itu, karena berbasis listrik, perawatannya sangat mudah,” tuturnya.

Toyota sudah khusus memasarkan kendaraan hybridnya, mulai dari sedan hingga SUV, namun semuanya masih dalam bentuk CBU yang harganya pun lebih mahal dibanding mobil konvensional. Dengan adanya regulasi serta rencana di produksi di Indonesia, harga jual tersebut akan lebih murah dan makin terjangkau konsumen.

Editor: Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved