Mitsubishi Pamerkan Truk Heavy Duty Listrik E-Fuso

Mitsubishi Fuso selama ini dikenal sebagai produk truk dan bis yang cukup handal. Namun, sejak era mobil hybrid dan elektrik, Mitsubhisi tampaknya tertarik dan meluncurkan produk elektriknya. Melalui Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC), di bawah naungan Daimler Truck Asia, perusahaan tersebut memperkuat komitmennya untuk mengembangkan seluruh jajaran truk, dan bus bertenaga listrik dalam beberapa tahun mendatang.  Produk ini telah dipamerkan pada ajang Tokyo Motor Show, MFTBC  yang diberinama E-Fuso..

E-Fuso dirancang sebagai truk listrik yang mampu menempuh jarak 350 kilometer. Truk yang bernama lengkap E-Fuso Vision One, ini merupakan produk pionir dari MFTBC untuk persiapan berakhirnya era otomotif berbahan bakar fosil ke listrik. Dukungan dana  dari Daimler Network untuk teknologi baterai serta pengisian daya akan mendukung strategi ini, dan menjadikan E-Fuso sebagai truk listrik terdepan.  E-Fuso Vision One  merupakan produk truk heavy-duty bertenaga listrik.

Dan, dengan dipamerkannya produk tersebut, MFTBC ingin menunjukkan komitmennya mengembangkan kendaraan niaga bertenaga listrik. “Sejak  peluncuran eCanter, seri produksi pertama truk bertenaga listrik di New York, dan E-Fuso ini membuktikan komitmen kami untuk mengembangkan tenaga listrik pada seluruh jajaran truk dan bus, mulai dari truk ringan hingga truk berat," ungkap Marc Listosella, President and CEO of Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation, and Head of Daimler Trucks Asia State, dalam keterangan tertulisnya (27/10).

Mitsubishi eCanter, truk ringan yang diproduksi pertama kalinya menunjukkan bahwa truk listrik sangat layak untuk digunakan untuk kebutuhan komersial. eCanter dapat menghemat hingga 1000 Euro per 10.000 km untuk biaya operasionalnya. Dan, dengan perkembangan teknologi baterai yang begitu cepat, perusahaan akan terus mengembangkan truk dan bus bertenaga listrik yang  andal  serta memiliki dampak positif terhadap lingkungan dan ekonomi di masyarakat.

Mitsubishi E-Fuso Vision One merupakan truk heavy-duty yang memiliki GVW (Gross Vehicle Weight) 3,26 ton dan payload 11,11 ton, lebih rendah 1,8 ton dari versi  dieselnya. Truk ini belum diuji coba untuk penggunanan jarak jauh. Maklum, saat ini belum diproduksi secara massal. Namun, melihat dari spek-nya E-Fuso Vision One dapat digunakan untuk kendaraan distribusi di area regional.  Sedangkan eCanter sendiri, memiliki GVW 7,5 ton dan jarak tempuh 100 sampai 120 km sekali mengisi daya. (Rian S)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)